Cara Mudah Mengubah Suara Asisten Google Pada ponsel Anda

  • Bagikan
Cara Mudah Mengubah Suara Asisten
Cara Mudah Mengubah Suara Asisten

Mengubah suara asisten Google akan semakin memudahkan Anda saat bekerja dengan Google Assistant pada ponsel Anda. Asisten Google adalah pusat pengalaman Google Anda yang lebih menakjubkan dan dapat membantu pekerjaan Anda. Setiap kali Anda meminta beberapa informasi kepada Google atau untuk mengontrol perangkat yang kompatibel dengan Google Home, maka perangkat tersebut akan membalas chat Anda.

Cara Mudah Mengubah Suara Asisten
Cara Mudah Mengubah Suara Asisten

image source

Melalui Google Asisten ini, Anda akan Google akan memberi tahu informasi yang Anda butuhkan sesuai dengan permintaan Anda. Misalnya dalam beberapa kasus, Google akan mengatakan, “Oke, saya akan melakukan hal yang baru saja Anda suruh.” Setidaknya apa yang Anda minta, akan Google jawab seperti itu jika Anda transformasikan dalam suara manusia.

Pengisi suara Antonia Flynn memberikan suara asli Asisten Google tergantung wilayah Anda tinggal. Anda mungkin memiliki pilihan yang berbeda. Selain itu, opsi suara asisten bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Nah, dalam kesempatan ini, penulis akan menunjukkan cara mengubah suara Google Asisten ke suara lain dan cara menyesuaikannya saat Anda mendapatkan tanggapan dari Google.

Cara Mengubah Suara Asisten Google Pada Ponsel Anda

1. Buka Asisten Google pada ponsel Anda. Pada Android, Anda dapat mengucapkan “OK Google” atau geser ke atas salah satu dari dua sudut bawah layar. Sedangkan pada iPad atau iPhone, Anda dapat membuka file aplikasi Asisten.
2. Pilih tombol yang terletak pada sudut kiri bawah yang terlihat seperti tombol dengan tiga garis keluar. Kemudian klik gambar profil pada pojok kanan atas.
3. Gulir ke bawah dan ketuk Suara Asisten atau Voice Match (Opsi ini akan mengajari Asisten untuk mengenali suara Anda).

Melalui opsi ini, Anda dapat menambahkan suara yang Anda inginkan. Misalnya suara untuk mengontrol perangkat yang kompatible dengan perangkat Anda, Google Home atau lainnya. “Oke, setel timer ke … menit” atau “Oke, nyalakan empat lampu sekarang, dll).

Google Asisten Pada Android

Biasanya fitur ini sudah langsung tersedia di perangkat Android. Jika ternyata ponsel Anda belum memilikinya, tak perlu risau karena bisa Anda unduh dengan mudah melalui Play Store. Perlu Anda ketahui juga, Google Assistant hanya bisa berjalan pada sistem operasi Android 5.0 atau yang lebih baru serta aplikasi Google versi 6.12 atau lebih baru. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu perangkat sudah kompatibel untuk mengoperasikan asisten pintar.

Google Assistant pada iOS

Perangkat gadget dari Apple sebenarnya sudah memiliki asisten virtual serupa Google Assistant, bernama Siri. Kendati demikian, para pemilik akun Google pada perangkat iOS (iPhone dan iPad) tetap bisa memanfaatkan asisten milik Google. Sebelum melakukan konfirgurasi, para pengguna perangkat iOS perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi Google Assistant secara melalui App Store.

Google Assistant hanya kompatibel dengan perangkat Apple yang menjalankan sistem operasi iOS 11 atau lebih baru. Jika sudah terpasang, pengguna bisa membuka aplikasi Google Assistant dan login ke akun Google. Setelah itu, pengguna tinggal mengetuk foto profil untuk melakukan konfigurasi. Karena Google Assistant merupakan asisten virtual, pengguna perlu hanya perlu memanggilnya saja ketika ingin menggunakannya.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh untuk memanggil Google Assitant. Sedikit berbeda dengan perangkat Android, pengguna iOS tidak bisa mengaktifkan Google Assistant dengan cara memanggil “OK Google” ataupun “Hey Google”. Cara memanggilnya adalah dengan membuka aplikasi Assistant terlebih dahulu. Setelah itu barulah pengguna perangkat iOS bisa memberikan instruksi melalui ikon mikrofon atau keyboard.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.