Cara Mudah Mengukur Detak Jantung Anda dengan Samsung Galaxy Watch

  • Bagikan
Cara Mengukur Detak Jantung Samsung Galaxy Watch
Cara Mengukur Detak Jantung Samsung Galaxy Watch

Samsung Galaxy Watch memiliki fitur yang dapat mengukur detak jantung pengguna secara real-time. Namun, pada Galaxy Watch ini, Anda dapat mengukurnya melalui dua cara. Yakni cara manual dan cara otomatis yang langsung akan memberikan hasil pengukuran detak jantung Anda setiap saat melalui Galaxy Watch Anda.

Cara Mengukur Detak Jantung Samsung Galaxy Watch
Cara Mengukur Detak Jantung Samsung Galaxy Watch

image source

Jam tangan pintar Samsung Galaxy adalah sebagai salah satu perangkat yang bisa membantu produktivitas Anda, namun juga bagus untuk dapat melacak kebugaran Anda. Salah satu fitur utama yang akan penulis bahas adalah pemantauan detak jantung. Oleh karenanya, penulis akan menunjukkan cara mengukur detak jantung Anda secara manual atau otomatis pada Samsung Galaxy Watch.

Sensor detak jantung telah menjadi sensor unggulan dalam jam tangan pintar Samsung sejak hadirnya Gear 2, yang rilis pada tahun 2014. Setiap jam tangan pintar Samsung Gear atau Galaxy modern akan memiliki kemampuan untuk mengukur detak jantung Anda. Namun tentunya akan memiliki sejumlah peningkatan baru dalam mendeteksi kebugaran tubuh Anda. Penting untuk Anda catat, bagaimanapun hasilnya, bahwa jam tangan pintar tersebut tidak bisa menjadi instrumen medis dan tidak boleh Anda gunakan untuk mendiagnosis seseorang.

Ini hanyalah sebuah pengetahuan semata bagi pengguna agar bisa memantau kebugaran tubuhnya. Selebihnya Anda bisa dengan cepat mengambil tindakan untuk segera memeriksanya pada dokter jika mengetahui hal-hal tidak wajar pada hasil pengukuran melalui sensor jam tangan pintar Anda.

Ada dua metode yang bisa Anda gunakan untuk mengukur detak jantung Anda dengan Samsung Galaxy Watch. Anda dapat memeriksanya secara manual kapan saja atau membuat jam tangan pintar secara otomatis mengukur sepanjang hari. Selama berolahraga, jam tangan juga akan mengukur detak jantung Anda lebih sering.

Cara Mudah Mengukur Detak Jantung Secara Manual

Untuk memeriksa detak jantung Anda saat ini secara manual menggunakan Galaxy Watch Anda, berikut langkah-langkahnya:

1. Tekan tombol Daya fisik pada jam tangan untuk membuka panel daftar Aplikasi. Pilih “Samsung Health” dari daftar yang tersedia.
2. Gulir ke bawah pada aplikasi Kesehatan dan pilih bagian detak jantung.
3. Cukup ketuk tombol “Ukur/Measure” untuk mulai mengukur detak jantung Anda sekarang.
4. Sebuah lingkaran pada sekitar tepi layar akan menunjukkan sebuah proses pengukuran. Setelah selesai, Anda akan melihat sedikit laporan tentang perbandingan pengukuran ini dengan pengukuran sebelumnya. Anda dapat mengetuk “Tag” untuk menambahkan catatan.

Mengukur Detak Jantung Secara Otomatis

Pengukuran detak jantung secara otomatis pada Samsung Galaxy Watch Anda sangat berguna karena Anda tidak perlu memikirkannya. Anda akan setiap saat menerima hasil pengukuran secara berkala pada jam tangan Anda.

1. Untuk memulai, tekan Tombol Daya fisik pada jam tangan untuk membuka daftar Aplikasi dan pilih “Samsung Health“.
2. Gulir ke bawah ke bagian detak jantung dan ketuk.
3. Pada layar detak jantung, gulir ke bawah dan pilih ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.
4. Ada tiga opsi pada layar ini:

  • Measure continuously (Mengukur terus menerus) : Mengukur detak jantung Anda terus menerus.
  • Every 10 mins while still (Setiap 10 menit saat diam) : Mengukur detak jantung Anda setiap 10 menit saat Anda tidak berolahraga.
  • Manual measurement only (Hanya pengukuran manual) : Tidak akan pernah mengukur detak jantung Anda secara otomatis.

5. Pilih salah satu opsi untuk melanjutkan. Ingatlah bahwa pelacakan detak jantung terus menerus akan berdampak lebih besar pada masa pakai baterai daripada opsi setiap 10 menit. Selain itu, Anda dapat memeriksa riwayat detak jantung Anda dengan mengunjungi aplikasi Samsung Health pada ponsel Anda. Aplikasi ini akan menampilkan pengukuran detak jantung Anda pada grafik selama seminggu atau bahkan sebulan terakhir.

Sekali lagi, jam tangan pintar bukanlah instrumen medis dan tidak boleh untuk Anda gunakan untuk mendiagnosis. Karena itu, ini adalah alat yang keren untuk Anda miliki, terutama jika Anda menyukai pelacakan kebugaran tubuh Anda setiap saat.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.