Cara Mudah Mengunci Chat di Aplikasi WhatsApp

  • Bagikan
Cara Mudah Mengunci Chat di Aplikasi WhatsApp
Cara Mudah Mengunci Chat di Aplikasi WhatsApp

Mengunci chat atau percakapan WhatsApp merupakan langkah yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki percakapan rahasia. Dengan menguncinya, maka orang lain tidak akan bisa melihat chat atau percakapan yang Anda lakukan dengan orang-orang tertentu. Hal ini tidak hanya dapat Anda lakukan untuk mengunci chat saja, melainkan untuk mengunci percakapan Grup juga.

Cara Mudah Mengunci Chat di Aplikasi WhatsApp
Cara Mudah Mengunci Chat di Aplikasi WhatsApp

image source

Ini menarik untuk penulis bahas, karena mengunci ini bukan seperti mengunci aplikasi baik melalui fitur bawaan ponsel, maupun fitur aplikasi itu sendiri. Seperti halnya WhatsApp yang memang memiliki fitur yang dapat mengunci aplikasinya agar tidak mudah bagi orang lain untuk mengaksesnya. Anda dapat menguncinya melalui PIN atau bahkan biometrik lainnya yang ada pada ponsel Anda.

WhatsApp masih menjadi aplikasi utama dalam perpesanan yang banyak digunakan pengguna saat ini. Meski kebijakannya sempat membingungkan kepada pengguna, namun nyatanya hingga saat ini WhatsApp tetaplah populer seperti sebelumnya. Hal menarik yang pengguna nyaman dengan WhatsApp adalah enrkipsinya yang menggunakan metode end-to-end.

Jadi percakapan apapun yang Anda lakukan dengan orang lain, maka hanya Anda dan orang tersebut yang dapat mengetahuinya. Bahkan WhatsApp sendiri tidak dapat mengetahui percakapan yang Anda lakukan. Dalam panduan ini, Penulis akan memberikan beberapa langkah tentang cara yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki percakapan sangat rahasia. Sehingga orang lain tidak akan bisa membuka chat tersebut.

Begini Cara Mudah Mengunci Chat di Aplikasi WhatsApp

Jika Anda memiliki pesan penting pada WhatsApp, saatnya Anda untuk mengunci percakapan Anda, agar orang lain tidak dapat membukanya jika ada orang iseng. Berikut ini cara mengunci chat WhatsApp dengan mudah.

1. Download aplikasi Locker for Whatsapp Chat App melalui Google Play Store Anda. Selanjutnya buka aplikasi, lalu buat PIN yang terdiri dari 4 angka.
2. Untuk mulai mengunci chat atau percakapan Anda pada WhatsApp, klik tanda plus pada poJok kanan bawah.
3. Lalu pilih chat yang ingin Anda kunci, bisa chat perseorangan atau bahkan Percakapan Grup.
4. Saat telah terkunci, ketikan Anda akan membuka chat, maka Anda harus memasukkan PIN 4 angka yang telah Anda buat sebelum.

Dengan begini, maka chat kamu akan lebih aman dari gangguan orang-orang yang sering meminjam HP Anda.

Download: Locker for Whats Chat App

Kemudian, agar semakin aman, Anda dapat mengaktifkan fitur Kunci ketika akan membuka aplikasi WhatsApp Anda. Fitur ini bisa Anda temukan pada opsi Pengaturan dalam aplikasi WhatsApp Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang Anda gunakan setiap kali Anda membuka aplikasi WhatsApp Anda. Saat ini kunci yang tersedia pada WhatsApp hanya bisa menggunakan sidik jari.

Nah, bagi Anda yang memiliki ponsel belum mendukung kunci sidik jari, maka kemungkinan Anda tidak dapat mengaktifkan fitur ini. Jadi Anda dapat mengunci percakapannya secara langsung melalui aplikasi pihak ketiga seperti di atas.

Lalu, bagaimana untuk menambahkan keamanan ganda pada aplikasi WhatsApp? Berikut cara mudah mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Kunci Keamanan Ganda Pada WhatsApp

WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur ini untuk pengguna Android, sejak tanggal 20 Nopember 2019 kemarin. Hal ini untuk memberikan dukungan keamanan baru secara berlapis yang bisa pengguna manfaatkan. Sehingga dengan adanya ini, tidak ada lagi orang yang terkena hack atau bahkan akun WhatsApp-nya di ambil alih oleh orang lain. Anda dapat mengaktifkan kunci keamanan ganda atau verifikasi dua langkah secara langsung melalui aplikasi WhatsApp.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.