Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Baterai Pada Android 10

  • Bagikan
Menghemat Baterai Ponsel
Menghemat Baterai Ponsel

Android 10 memiliki citra kurang baik pada beberapa smartphone, yakni daya tahan baterai yang kurang maksimal. Hal ini terjadi pada smartphone yang mendapat pembaruan untuk menginstal Android 10, namun tidak pada ponsel yang memiliki OS bawaan Android 10.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Ponsel Android
Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Ponsel Android

image source

Hal ini dapat terjadi karena banyak kemungkinan yang mendasari berubahnya daya tahan baterai pada ponsel yang sudah mendapatkan pembaruan Android 10. Karena jika tidak demikian, semua ponsel Android apapun yang sudah menggunakan Android 10, maka akan mengalami masalah yang sama yakni tentang daya tahan baterai yang buruk.

Pada kenyataannya hal ini dapat membuktikan bahwa masalah ini hanya terjadi pada beberapa ponsel bukan pada keseluruhan pengguna Android 10. Oleh karenanya beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah daya tahan baterai pada ponsel Android 10 Anda.

Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Baterai Pada Android 10

Aktifkan Fitur Adaptive Battery

Pada Android 10 biasanya terdapat fitur yang bernama Adaptive Battery. Fitur baru ini dapat bermanfaat untuk memprediksi penggunaan aplikasi Anda terutama saat ponsel tertidur. Fitur ini dapat membantu ponsel Anda memprioritaskan daya baterai pada aplikasi yang lebih penting, sehingga baterai Anda terus bekerja lebih lama tanpa perlu khawatir cepat habis.

Fitur Adaptive Batteru ini akan memonitor penggunaan baterai pada ponsel Android secara lebih efisien. Adaptive Battery mengunakan on-device machine learning untuk mencari tahu aplikasi apa saja yang akan pengguna pakai dalam beberapa jam mendatang dan aplikasi mana saja yang tidak digunakan nanti. Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan Ponsel => Battery => Adaptive Battery => aktifkan toggle hingga berwarna hijau.

Nonaktifkan Always On Display

Sebisa mungkin Anda untuk mengganti pengaturan Always On Display pada ponsel Anda, karena ini dapat menguras baterai ponsel Anda menjadi lebih cepat habis. Anda dapat mengubahnya melalui Pengaturan => Display => Lock Screen Display => pilih opsi Selalu Matikan Always On Display. Cara ini akan membuat baterai pengguna bertahan selama mungkin jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Selain itu, beberapa pengaturan lain juga bisa Anda lakukan untuk lebih bisa mengemat baterai ponsel Anda. Beberapa hal lain tersebut adalah:

Membatasi Akses Pada Aplikasi Latar Belakang Anda

Android 10 memiliki sistem izin baru yang memungkinkan pengguna memilih apakah aplikasi mendapatkan akses ke lokasi ponsel. Dengan memilih lebih sedikit aplikasi yang memiliki akses ke lokasi, pengguna dapat menghemat masa pakai baterai Anda.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Anda Gunakan

Cara ini masih cukup relevan untuk Anda gunakan ketika ponsel Anda tiba-tiba boros baterai setelah melakukan update sistem ke Android 10. Lakukan pengecekan kembali pada daftar aplikasi Anda, hal ini untuk mengantisipasi aplikasi blootware yang terinstal secara otomatis setelah melakukan pembaruan. Oleh karenanya, segera hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan, tiba-tiba nongkrong pada daftar aplikasi Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.