Cara Mudah Menjadikan Xiaomi Sebagai Remote Control

Brand Xiaomi saat ini dibekali dengan adanya port infrared. Salah satu fitur yang populer pada ponsel ponsel jadul yang pada saat itu belum ada bluetooth, jadi kirim kirim file secara wireless ya lewat infrared ini. Maka dari itu ponsel zaman sekarang sudah jarang dan hampir tidak ada fitur infrared karena sudah digantikan oleh bluetooth. Bahkan fitur yang terbaru adalah fitur wifi direct yang diklaim mampu transfer data lebih cepat daripada bluetooth.

MI Remote
MI Remote

Nah, karena Xiaomi dibekali fitur infrared, maka di dalamnya pun disediakan aplikasi yang memanfaatkan fasilitas infrared yaitu Mi Remote, sebuah aplikasi resmi dari Xiaomi yang berfungsi sebagai remote control untuk bisa digunakan oleh kita setiap hari. Mi Remote ini merupakan aplikasi bawaan Xiaomi yang bisa digunakan untuk mengontrol TV, AC, DVD Player, dan perangkat elektronik lainnya yang menggunakan remote.

Mungkin bagi anda pengguna baru Xiaomi masih awam dengan aplikasi Mi Remote ini dan tidak bisa menggunakannya. Tapi dari hasil coba sendiri akhirnya saya temukan cara menggunakan Mi Remote. Untuk itu, di sini akan saya berikan tutorial cara menggunakan aplikasi Mi Remote pada ponsel Xiaomi.

Langkah-Langkanya:
  • Pastikan perangkat elektronik sudah tersambung aliran listrik
    Perangkat yang ingin kita remote sudah dalam posisi stand by dan sudah tersambung pada aliran listrik sehingga dapat memudahkan Mi Remote untuk mencari koneksi pada perangkat tersebut.
  • Buka aplikasi MI Remote
    Cari aplikasi Mi remote pada menu Aplikasi, Mi remote Pasti sudah terinstal karena aplikasi itu merupakan aplikasi bawaan dari smartphone xiaomi itu sendiri.

    Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote Control
    Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote Control
  • Pilih Add Remote
  • Lalu pilih jenis perangkat
    pada langkah ini anda diharuskan memilih perangkat yang sesuai dengan perangkat yang akan anda remote, misalnya TV, AC, DVD, Fun, Box, Projector dan lainnya.
  • Pilih Merek/Brand dari Perangkat tersebut
    Pilihlah merek atau brand sesuai dengan perangkat, pilihan merek perangkat sudah tersusun rapi sesuai dengan abjad dari A-Z semua merek brand dalam Negeri ataupun luar Negeri sudah tersedia.
  • Tes Button/Cek Tombol
    Silahkan tekan tombol yang bergambar tombol power sampai perangkat elektronik anda merespon, sambil mengarahkan infrared pada perangkat tersebut.

Sekian tentang cara menggunakan Mi Remote sebagai Remote Control pada perangkat elektronik anda di rumah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda, dan digunakan dengan bijak. ingat! jangan sampai meremote perangkat yang bukan milik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *