Cara Mudah Menonaktifkan Bixby Pada Ponsel Samsung Galaxy Anda

  • Bagikan
Cara Mematikan Fitur Bixby Pada Samsung
Cara Mematikan Fitur Bixby Pada Samsung

Menonaktifkan fitur bixby pada Samsung sama halnya dengan mematikan asisten pintar yang bisa membantu pekerjaan Anda. Fitur Bixby hadir sebagai asisten virtual yang membantu Anda fokus pada hal-hal yang penting untuk ponsel Anda. Bixby mempelajari preferensi Anda seiring berjalannya waktu, sehingga membantu Anda melakukan berbagai hal dengan lebih cepat tanpa perlu membuka atau bahkan menginstal aplikasi!

Cara Mematikan Fitur Bixby Pada Samsung
Cara Mematikan Fitur Bixby Pada Samsung

image source

Fitur ini pastinya hanya akan Anda temukan pada sebagian besar ponsel Samsung Galaxy. Ini bekerja sebagai asisten AI internal yang menjadi fitur keunggulan dari ponsel Samsung. Bixby bukanlah fitur baru untuk Samsung, jadi Anda mungkin akan kesulitan menggunakanyya jika Anda sebagai pengguna baru. Beruntung bagi Anda, setelah mengikuti hanya beberapa langkah cepat, Anda dapat menonaktifkan Bixby sepenuhnya pada ponsel Samsung Galaxy Anda.

Cara kerja Bixby sebenarnya mirip dengan Google Assistant milik Google. Asisten Google ini merupakan fitur default yang ada pada setiap ponsel Android. Nah, bagi Anda pengguna ponsel Android Samsung, maka Anda akan memiliki dua Asisten, yakni Bixby dan Google Assistant. Namun, pada artikel ini penulis akan memberikan beberapa langkah untuk Anda yang ingin menonaktifkan fitur Bixby pada Ponsel Samsung Galaxy S21, S20, Note 10, dan Note 20.

Cara Menonaktifkan Tombol Bixby Pada Ponsel Samsung Galaxy S21, S20, Note 10, dan Note 20

Tombol Bixby biasanya akan berada tepat pada bagian bawah tombol volume pada sisi kanan ponsel Samsung Galaxy S21, S20, dan Note 20 dan sisi kiri ponsel Note 10. Ini juga merupakan tombol daya untuk ponsel tersebut. Bixby akan aktif dengan menekan lama tombol tersebut. Akan tetapi Anda mungkin ingin menjadikan tombol itu menjadi tombol daya sepenuhnya, yakni dengan mematikan Bixby saat menekan lama tombol daya tersebut. Berikut cara menonaktifkan Bixby sepenuhnya pada tombol tersebut.

Mematikan Tombol Bixby Pada Samsung S21
Mematikan Tombol Bixby Pada Samsung S21

1. Geser ke bawah pada layar untuk membuka menu notifikasi, lalu ketuk ikon daya pada sisi kanan atas layar.
2. Anda akan melihat menu daya muncul pada layar, bersama dengan pilihan “Pengaturan Tombol Samping (Side Key settings)“. Ketuk untuk melanjutkan.
3. Anda akan melihat pengaturan yang mencakup opsi “Tekan dan Tahan“. Ada pengaturan Wake Bixby yang aktif secara default, tetapi Anda dapat mengetuk pilihan menu Matikan untuk menonaktifkan Bixby.

Maka, sekarang Anda dapat menekan tombol samping sesuka hati Anda, dan itu tidak akan mengaktifkan Bixby pada ponsel Anda.

Cara Menonaktifkan Tombol Bixby Pada Ponsel Galaxy Lama

Jika Anda memiliki ponsel Galaxy yang lebih lama dari S20 atau Note 10 dengan Bixby terinstal. Maka berikut adalah cara meminta tekan dua kali untuk mengaktifkan Bixby pada handset tersebut. Ini tidak menonaktifkan Bixby sepenuhnya, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Samsung memang mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan Bixby sepenuhnya pada ponsel tersebut pada satu titik. Namun pembaruan perangkat lunak telah menghilangkan fitur tersebut.

1. Ketuk ikon Pengaturan.
2. Gulir ke bawah dan ketuk pada pilihan Fitur Lanjutan.
3. Ketuk opsi Bixby Key.
4. Terakhir, tekan Double Press untuk membuka pilihan Bixby.

Anda tidak ingin tombol Bixby itu membuka Bixby, tapi itu hanya menyia-nyiakan tombol yang bagus, bukan? Kabar baiknya! Beberapa pengembang telah membuat aplikasi yang benar-benar memungkinkan Anda untuk memetakan ulang tombol Bixby ke aplikasi lain, seperti Asisten Google.

Cara Menonaktifkan Fitur “Hai, Bixby”

Bagi kebanyakan orang, Bixby Voice mungkin adalah fitur Bixby yang paling berguna. Ini adalah cara mudah untuk menanyakan ponsel Anda dengan pertanyaan sederhana tanpa terlebih dahulu membuka kunci ponsel Anda. Namun, bagi Anda yang kurang menyukainya, berikut cara mudah untuk menonaktifkannya:

1. Ketuk ikon Bixby pada layar.
2. Kemudian ketuk tombol menu Hamburger pada sisi kiri layar.
3. Pilih ikon roda gigi pengaturan pada bagian atas layar.
4. Gulir ke bawah hingga Anda melihat opsi Voice Wake Up, lalu ketuk.
5. Terakhir, ketuk sakelar “Bangun dengan“ Hi, Bixby” untuk mematikan Bixby Voice.

Anda dapat mengaktifkan kembali Bixby Voice dengan melakukan langkah satu hingga empat, lalu mengetuk sakelar lagi untuk mengubah Bixby Voice ke posisi “Hi Bixby”.

Cara Menonaktifkan Bixby Home / Samsung Daily

Sulit menemukan alasan yang tepat untuk menggunakan Bixby Home. Bixby Home adalah daftar konten yang bergulir secara vertikal pada layar beranda paling kiri Anda. Ini adalah daftar konten yang menunjukkan hal-hal “berguna” seperti topik Facebook yang sedang tren dan GIF acak. Itu berganti nama menjadi Samsung Daily untuk ponsel Note 10 dan S20.

1. Tekan lama pada area kosong (pilih tempat tanpa ikon atau widget) pada layar beranda ponsel Galaxy Anda untuk mengakses pengaturan layar beranda Anda.
2. Anda juga dapat mencubit ke dalam dengan dua jari untuk membuka pengaturan layar beranda ini.
3. Geser ke atas ke layar utama paling kiri, di mana Anda akan menemukan Bixby Home / Samsung Daily.
4. Ketuk sakelar pada bagian atas layar untuk menonaktifkan Bixby Home / Samsung Daily.

Untuk mengaktifkan kembali Bixby Home, lakukan langkah satu dan dua lagi, lalu ketuk sakelar ke posisi aktif.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.