Cara Mudah Menonaktifkan Pelacakan Lokasi Pada Android

  • Bagikan
Cara Mematikan FItur Pelacakan Lokasi
Cara Mematikan FItur Pelacakan Lokasi

Seringkali ada trade-off antara privasi dan kenyamanan dalam hal teknologi, salah satunya soal pelacakan lokasi melalui ponsel Anda. Layanan yang sama seperti memberi tahu Anda bahwa ada restoran bagus di sekitar Anda. Atau yang secara otomatis menampilkan boarding pass Anda ketika sedang berada di bandara dan juga lainnya.

Cara Mematikan FItur Pelacakan Lokasi
Cara Mematikan FItur Pelacakan Lokasi

image source

Nah, pada kesempatan ini penulis sengaja akan memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat mematikan pelacakan lokasi pada perangkat Android Anda. Itupun jika Anda benar-benar menginginkannya untuk mematikan lokasi Anda.

Jenis Pelacakan Lokasi yang Bisa Dilakukan Android

Saat pertama kali Anda menyiapkan perangkat Android, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membagikan data lokasi Anda. Jika Anda menjawab ya, maka Google akan secara otomatis menambahkan pergerakan Anda ke riwayat lokasi Anda. Jadi Anda dapat melihatnya pada bagian Timeline akun Google Anda.

Histori lokasi “membantu Anda mendapatkan informasi yang berguna”. Google mengatakan, seperti sebuah rute perjalanan otomatis atau hasil pencarian yang lebih baik dengan membuat peta khusus yang menghubungkan perangkat Anda yang terdaftar. Selain itu, beberapa saran otomatis yang dapat membantu Anda dalam berbagai situasi.

Akan tetapi tidak setiap orang merasa nyaman dengan setiap langkah yang selalu terpantau. Jika Anda kehilangan perangkat, data tersebut akan mudah orang ketahui agar bisa dengan mudah untuk melihat history perjalanan Anda selama ini.

Ada kemungkinan juga bahwa data lokasi Anda suatu hari nanti dapat digunakan untuk menjadi barang bukti saat menjalani persidangan. Terutama jika itu menunjukkan bahwa Anda akan pergi ke suatu tempat (atau sudah pernah ke sana) di mana Anda tidak seharusnya berada. Dan tentu saja, beberapa orang memang tidak menyukai terhadap Google yang ingin mengetahui setiap aspek kehidupan para penggunanya.

Di sisi lain, Anda melewatkan beberapa hal yang membuat Android begitu menyenangkan. Misalnya Asisten Google kurang berguna jika tidak mengetahui tempat favorit Anda, dan beberapa aplikasi tidak terlalu berguna tanpa mengaktifkan layanan lokasi. Namun, kelebihannya dengan menggunakan lebih sedikit GPS dapat menghemat daya baterai ponsel Anda.

Cara Mudah Menonaktifkan Pelacakan Lokasi Pada Android

Ada dua cara untuk mencegah Google mengetahui lokasi Anda.

1. Jika Anda komputer, buka alamat berikut:

https://www.google.com/settings/accounthistory

2. Lalu masuk pada “Riwayat Lokasi” dan kemudian klik “Hentikan Riwayat Lokasi“.
3. Biasanya akan muncul pop-up yang akan memberi tahu Anda beberapa informasi dan akan memberikan tautan tempat Anda dapat sepenuhnya menghapus riwayat lokasi Anda.

Jika menggunakan ponsel Android, ini dapat dilakukan dengan sangat mudah:

1. Buka pengaturan ponsel Anda;
2. Gulir ke bawah, dan masuk pada bagian Keamanan & Lokasi, lalu klik Lokasi;
3. Pada sudut kanan atas Anda akan melihat tombol on/off.
4. Gunakan tombol tersebut untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layanan lokasi Anda;

Cara Menghapus Riwayat Pelacakan Lokasi Anda

Jika Anda ingin menghapus riwayat lokasi Anda, Anda juga dapat melakukannya dengan cara:

1. Masuk pada bagian “Riwayat Lokasi“, klik ikon tiga titik pada sudut kanan atas, lalu klik “Lihat/Kelola“;
2. Klik pada tiga titik lagi, lalu pilih “Pengaturan, maka Anda akan masuk pada bagian yang disebut “Konten Pribadi“;
3. Dari sinilah Anda dapat menghapus semua riwayat lokasi atau memilih “Hapus Rentang Riwayat Lokasi” untuk menghapus hanya sebagian dari riwayat lokasi Anda.
4. Setelah Anda hapus, maka informasi ini tidak dapat Anda pulihkan kembali.

Fitur pelacakan lokasi ini sebenarnya akan sangat bermanfaat bagi ketika Anda kehilangan perangkat Anda. Jadi setidaknya Anda masih dapat mengakses untuk mengetahui keberadaan perangkat Anda. Namun jika pelacakan lokasi Anda Nonaktifkan, maka Anda akan sulit mendapat petunjuk tentang keberadaan ponsel Anda.

Sebagian orang beranggapan, dengan mengaktifkan pelacakan lokasi ini akan mudah di sadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian, jika Anda sebagai public figur, maka biasanya akan mematikan pelacakan lokasi tersebut demi keamanan dan data-data penting Anda.

Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.