Cara Mudah Mentransfer File dari Ponsel Android ke Mac

  • Bagikan
Cara Mudah Transfer File dari Android ke Mac
Cara Mudah Transfer File dari Android ke Mac

Melakukan transfer file dari ponsel Android ke Mac sekarang ini sangatlah mudah. Dengan banyaknya aplikasi yang menawarkan cara-cara termudahnya terkadang malah membuat Anda bingung. Namun penulis akan memberikan satu langkah paling mudah dan cepat untuk melakukan transfer file Anda dari Android ke Mac.

Cara Mudah Transfer File dari Android ke Mac
Cara Mudah Transfer File dari Android ke Mac

image source

Android File Transfer merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google yang memang dirancang untuk membantu Anda dalam urusan transfer file. Tidak hanya antar sesama pengguna Android, melainkan lintas platform yakni antara Android ke komputer Mac. Anda dapat melakukannya melalui PC Windows, cara ini adalah prosedur plug-n-play yang begitu mudah.

Namun, jika Anda tidak menggunakan salah satu layanan cloud terbaik yang tersedia, sifat macOS memerlukan aplikasi terpisah untuk mentransfer file. Nah, untuk itu agar tidak membuat Anda bingung, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan transfer file antara Android ke Mac.

Cara Mudah Mentransfer File dari Ponsel Android ke Mac

1. Silahkan kunjungi www.android.com/filetransfer, kemudian Unduh Sekarang.
2. Pilih lokasi untuk mengunduh file, klik Simpan. Klik dua kali pada file saat unduhan selesai. Lalu seret ikon Android File Transfer ke folder Aksesoris
3. Nah, setelah instalasi selesai, Anda akan memiliki aplikasi. Klik Transfer File Android pada folder Aplikasi untuk memulai program. Anda mungkin ditanya apakah ingin membuka aplikasi yang diunduh dari Internet. Klik Buka.

Setelah aplikasi terbuka pada komputer Mac Anda, Anda harus memastikan ponsel Anda telah Anda atur untuk mentransfer file. Biasanya ketika Anda baru mencolokkan kabel USB, maka akan muncul opsi pop-up yang harus Anda pilih, silahkan pilih Transfer File.

Faktanya, Android File Transfer kemungkinan besar akan memberi tahu Anda bahwa Anda perlu melakukan itu. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggesek ke bawah pada bayangan pemberitahuan. Lalu ketuk pemberitahuan yang mengatakan Sentuh untuk opsi lainnya. Lalu ketuk Transfer file.

Saat melakukannya, Anda mungkin perlu meluncurkan kembali aplikasi Android File Transfer. Kemudian Anda akan diperlihatkan daftar file yang ingin Anda transfer. Dari sini, langsung saja. Seret file apa pun yang Anda inginkan dari perangkat Android Anda ke komputer Mac Anda.

Setelah selesai, cukup lepas kembali kabel USB Anda. Perlu Anda ketahui, ini merupakan cara paling mudah dan sangat lancar untuk kebutuhan transfer file Anda. Namun setidaknya jika Anda mengalami masalah terkait transfer file tersebut, kemungkinan Anda perlu memecahkan masalah tersebut dalam penjelasan ini.

Cara Mengatasi Masalah Transfer File Android

Aplikasi ini bekerja lebih baik untuk beberapa ponsel. Biasanya ketika Anda pertama kali mencolokkan ponsel, aplikasi akan terbuka dengan otomatis dan memberi tahu Anda bahwa itu tidak dapat terhubung ke telepon. Setelah mengalihkan ponsel ke mode Transfer File, Anda biasanya harus menutup dan meluncurkan kembali Android File Transfer.

Nah, terkadang Anda harus menutup opsi Transfer File, lalu beralih mode pada ponsel Anda, lalu luncurkan kembali. Selain itu, Anda harus mencabut kabel USB tersebut. Jadi secara tidak langsung, ketika Anda salah dalam memilih opsi transfer file pada saat mencolokkan kabel USB, maka aplikasi Android File Transfer tidak akan bekerja.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.