Cara Mudah Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast

Anycast merupakan sebuah adapter atau dongle HDMI yang berguna untuk menyambungkan Android ke TV. Dengan bantuan port HDMI, maka Anda bisa mentransfer layar ponsel ke TV dengan mudah. Jadi hal ini bisa Anda gunakan untuk bermain game, streaming dan lainnya yang ingin Anda tonton bersama teman-teman Anda.

Cara Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast
Cara Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast

image source

Dengan menggunakan AnyCast ini nantinya akan dapat membuat TV Anda berubah layaknya smart TV yang bisa kita pergunakan untuk berselancar internet dengan menggunakan wifi. Namun yang perlu Anda ketahui adalah perbedaan AnyCast dengan ChromeCast.

Perbedaan AnyCast dan Chromecast

Google Chromecast merupakan perangkat khusus dari Google yang bisa Anda gunakan untuk menikmati streaming konten-konten multimedia. Bagi kamu yang belum memiliki smart TV, Google Chromecast tentu menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki. Berbeda dengan AnyCast. Secara gampangnya AnyCast ini hanya mentransfer layar ponsel ke TV. Hanya saja metodenya menggunakan Nirkabel. Jika menggunakan kabel, maka ini akan sama dengan Anda menghubungkan ponsel Android ke TV menggunakan kabel HDMI.

Untuk menggunakan Chromecast syarat utamanya adalah internet. Ya, Anda harus menyediakan jaringan internet untuk memakai Google Chromecast ini. Sedangkan Anycast tidak perlu koneksi internet. Sekali lagi, layaknya menggunakan kabel HDMI, kamu bisa langsung menyambungkan HP ke TV tanpa adanya internet.

Harga AnyCast dan Chromecast

Tidak hanya pada fungsinya saja yang berbeda, akan tetapi soal harganya juga berbeda. Harga yang ditawarkan kedua benda ini memiliki selisih yang cukup jauh. Untuk AnyCast, biasanya cenderung lebih murah dan berada pada kisaran harga Rp100 ribuan. Sedangkan Chromecast harganya jauh lebih mahal ketimbang AnyCast tersebut, yakni berada pada harga Rp300 ribuan.

Jadi Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin TV Anda berubah menjadi Smart TV, maka Anda bisa menggunakan Chromecast. Namun jika Anda hanya ingin mentransfer layar ponsel Anda, cukup gunakan AnyCast. Hanya saja jika Anda menggunakan AnyCast, ponsel harus tetap menyala terus-menerus. Karena saat layar ponsel mati, maka TV juga akan mati. Nah, di bawah ini penulis berikan langkah-langkah untuk menghubungkan ponsel Android ke TV dengan menggunakan AnyCast.

Cara Mudah Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast

Anycast sendiri menggunakan teknologi Miracast yang disepakati oleh WiFi Association. Tujuan teknologi Miracast sendiri adalah kemampuan untuk menghubungkan perangkat ke layar secara nirkabel, tanpa menggunakan kabel HDMI. Intinya, menyambungkan HP ke TV dengan koneksi WiFi. Secara tidak langsung layar TV merupakan mirror dari ponsel Android kamu. Jadi apa yang muncul pada layar Android juga akan muncul pada layar TV Anda. Berikut cara menyambungkannya!

1. Pertama, siapkan Anycast yang akan Anda gunakan. Lalu, unduh aplikasi Anycast pada ponsel Android Anda melalui Google Play Store.
2. Setelah mengunduh aplikasi Anycast, sekarang saatnya menyambungkan kabel HDMI AnyCast ke TV Anda
3. Setelah terhubung, buka/aktifkan koneksi WiFi pada ponsel Android. Masukkan Nama SSID serta password yang muncul pada tampilan layar TV Anda.
4. Setelah terkoneksi, bukalah aplikasi Anycast yang sudah Anda download tadi, dan tekan tombol kecil pada AnyCast yang sudah terhubung ke TV, tunggu sampai berubah tampilan, dan tunggu sampai benar-benar terkoneksi dengan baik.

Jika sudah terkoneksi, maka TV anda akan memiliki tampilan yang sama persis dengan ponsel Anda. Jadi apapun yang Anda buka pada ponsel, juga akan muncul pada layar TV Anda.

Bagaimana tampilan yang muncul pada layar TV Anda tidak penuh? Nah, untuk mengatasinya maka dengan mengatur layar ponsel Anda menjadi landscape. Sehingga pada layar TV akan muncul secara penuh juga.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *