Cara Mudah Menyembunyikan Last Seen Atau Activity di Instagram

  • Bagikan
Hide Last Seen
Hide Last Seen

Menyembunyikan “Last Seen” atau “Activity” merupakan salah satu bagian menjadi privasi pengguna pada Instagram. Pasalnya Instagram secara default mengaktifkan fitur ini untuk mengetahui kapan seorang pengguna terakhir kalinya aktif di Instagram.

Menyembunyikan Last Seen Atau Activity Pada Instagram
Menyembunyikan Last Seen Atau Activity Pada Instagram

image source

Instagram merupakan platform media sosial berbagi foto dan video terkemuka generasi modern seluruh dunia sekarang ini. Aplikasi ini telah menjadi milik Facebook, bahkan sekarang menjadi lebih dari sekadar aplikasi berbagi foto instan dengan penambahan beberapa fitur baru selama beberapa tahun terakhir. Kemampuan untuk mengirim pesan, memposting, membuat reels, dan video IGTV ke profil lain juga telah mendapat peningkatan yang signifikan.

Instagram juga hadir terintegrasi dengan status ketersediaan pengguna. Perusahaan menyebut fitur ini sebagai “Status Aktivitas atau “Last Seen“” yang memungkinkan kontak Instagram mengetahui apakah orang lain sedang online atau offline.

Meski demikian, opsi ini berguna jika Anda ingin agar kontak Anda tetap diperbarui pada status ketersediaan Anda. Namun pada sebagian orang itu menjadi hal menjengkelkan saat Anda ingin menghindari orang-orang tertentu yang tidak boleh mengetahui aktifitas Anda.

Dalam masalah seperti itu, Anda tentunya ingin menyembunyikan status “terakhir terlihat” atau “online” pada Instagram. Jangan khawatir, Anda dapat mematikan “Status Aktivitas atau Activity” dengan sangat mudah. Anda dapat menggunakannya secara langsung dari aplikasi Android atau iOS atau perlu mengunjungi versi desktop.

Nah, dalam panduan ini Penulis akan memberikan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mematikan status aktivitas terakhir Anda pada Instagram.

Fitur Last Seen

Last Seen adalah fitur yang menunjukkan waktu terakhir pengguna Instagram yang bersangkutan aktif. Last seen sendiri berarti terakhir kali terlihat. Pengguna yang sudah mengikuti Anda, saat membuka percakapan Anda, akan melihat status terakhir kali Anda membuka Instagram. Dengan begitu, orang lain dapat mengetahui Anda apakah saat ini sedang aktif, atau telah aktif pada beberapa menit yang lalu.

Hal ini berfungsi saat Anda akan mengirimkan pesan secara langsung. Anda dapat mengetahui mereka sedang online atau tidak. Jika sedang online, Anda memiliki kesempatan dengan cepat untuk mengirimkan pesan agar cepat di balas oleh mereka.

Namun, dengan mematikan fitur ini akan dapat menjadi lebih terhadap privasi Anda terutama bagi mereka yang memiliki niat tidak baik kepada Anda.

Cara Mudah Menyembunyikan Last Seen Atau Activity di Instagram

1. Buka aplikasi Instagram pada ponsel Anda. Pastikan Anda masuk dari akun yang status terakhir terlihatnya ingin Anda nonaktifkan.
2. Sekarang, klik pada tab tiga garis horizontal yang terletak pada bagian kanan atas layar beranda profil Instagram Anda dan pilih opsi “Pengaturan“.
3. Anda sekarang perlu memilih opsi “Privasi“. Kemudian cari opsi Status aktivitas dan klik pada bagian atasnya.
4. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mematikan opsi “Tampilkan Status Aktivitas“.

Perlu Anda catat bahwa langkah-langkah ini hanya akan menyembunyikan status aktivitas Anda (terakhir dilihat/ketersediaan online) dari kontak lain. Ini tidak akan mematikan pemberitahuan tanda terima baca (terlihat) dari jendela percakapan Anda dengan orang lain.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.