Cara Mudah Menyembunyikan Nomor Telepon Anda di Telegram

  • Bagikan
Cara Mudah Menyembunyikan Nomor Telepon pada Telegram
Cara Mudah Menyembunyikan Nomor Telepon pada Telegram

Menyembunyikan nomor telepon Anda pada aplikasi Telegram merupakan sebuah pilihan untuk setiap pengguna. Karena setiap pengguna memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Jika Anda bekerja sebagai sales marketing, tentunya Anda tidak akan melakukan cara ini. Karena Anda menginginkan semua orang dapat dengan mudah menghubungi Anda menggunakan Telegram, baik melalui nomor telepon ataupun nama pengguna.

Cara Mudah Menyembunyikan Nomor Telepon pada Telegram
Cara Mudah Menyembunyikan Nomor Telepon pada Telegram

image source

Sebagian lain menganggap jika nomor telepon merupakan privasi yang tidak boleh diakses secara publik. Jika demikian, berarti Anda perlu menyembunyikannya agar orang lain tidak mudah mengetahui Nomor telepon Anda, kecuali Anda memberikannya.

Saat Anda pertama kali masuk ke aplikasi Telegram, Anda mungkin mengizinkannya untuk mengunggah kontak Anda sehingga Anda dapat menemukan teman, keluarga, dan kolega pada layanan perpesanan tersebut. Sebenarnya ini merupakan cara yang bagus untuk melihat siapa yang menggunakan aplikasi Telegram dari teman kontak telepon yang sudah Anda miliki.

Namun, jika Anda tidak mengizinkan nomor telepon tersebut secara publik, jadi selama nomor Anda belum tersimpan ke kontak mereka, Anda dapat mencegah mereka mengaksesnya. Nah, berikut ini kami akan menunjukkan bagaimana cara menyembunyikan nomor telepon Anda pada Telegram sehingga hanya orang yang benar-benar ingin Anda lihat yang dapat melihatnya, salah satunya teman Anda sendiri.

Cara Mudah Menyembunyikan Nomor Telepon Anda di Telegram

1. Buka aplikasi Telegram pada ponsel Anda, Kemudian ketuk pada menu hamburger pada sudut kiri atas layar (tiga baris horizontal). Pilih Pengaturan.
2. Masuk pada Pengaturan Privasi dan Keamanan, pilih Nomor Telepon
3. Anda dapat memilih beberapa opsi disini:
Everybody : untuk mengizinkan semua orang dapat melihat Nomor Telepon Anda tanpa terkecuali.
My Contacts : hanya mengizinkan pengguna yang telah menyimpan nomor telepon Anda pada kontak mereka untuk melihatnya pada aplikasi Telegram.
Nobody : untuk mencegah siapa pun dapat melihat nomor telepon Anda, termasuk pengguna yang menyimpan nomor Anda sendiri.
4. Silahkan Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Secara default, nomor telepon Anda akan tersembunyi untuk semua kecuali kontak Anda di Telegram. Seperti yang sudah penulis jelaskan pada langkah-langkah di atas, Anda selalu dapat mengubah ini melalui pengaturan untuk mencegah kontak Anda yang belum memiliki nomor telepon Anda melihatnya. Akan tetapi Anda juga dapat membuatnya menjadi publik, agar semua orang bisa dengan mudah untuk menghubungi Anda.

Kendati demikian, meskipun Anda menyembunyikan nomor telepon Anda, orang lain akan tetap dapat menemukan Anda menggunakan nama pengguna yang sudah Anda buat jika Anda membagikannya.

Berbagi nama pengguna Telegram sama halnya dengan yang Anda lakukan pada jejaring sosial seperti Twitter, facebook dan intsgram. Yakni dengan membiarkan seseorang tetap bisa berkomunikasi dengan Anda melalui aplikasi Telegram tanpa memberikan lebih banyak informasi kontak pribadi seperti nomor telepon Anda.

Telegram menjadi semakin banyak peminatnya sejak WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru yang membuat pengguna merasa kurang nyaman. Banyak orang beranggapan, jika aplikasi Telegram saat ini adalah salah satu aplikasi perpesanan terbaik yang dapat Anda temukan. Selain dapat di akses tanpa ponsel, juga berkirim file lebih mudah antar perangkat. Karena sifatnya multi perangkat, jadi aplikasi Telegram ini bisa pengguna akses lebih dari satu perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Apa yang Membedakan Antara Telegram dan WhatsApp?

Telegram disebut-sebut bisa menjadi alternatif untuk pengguna yang akan pindah haluan akibat penerapan kebijakan baru pada WhatsApp.

Adapun perbedaan antara WhatsApp dan Telegram adalah masing-masing aplikasi perpesanan ini mempunyai perbedaan yang tidak jauh berbeda. Kunci utama dari perbedaan antara Telegram dan WhatsApp hanya terletak pada sikap aplikasi terhadap aturan privasi dan data pengguna. Jika isu privasi menjadi prioritas pengguna, maka Telegram adalah pilihan yang lebih baik.

Fitur obrolan yang terenkripsi end-to-end pada Telegram, memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu terkirimnya sebuah pesan secara otomatis. Pengguna Telegram juga akan menerima pemberitahuan jika seseorang melakukan tangkapan layar, dan pesan rahasia tidak dapat diteruskan ke obrolan lain.

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.