Cara Mudah Menyembunyikan Notifikasi Sensitif Pada Android

  • Bagikan
Cara Menyembunyikan Notifikasi Sensitif
Cara Menyembunyikan Notifikasi Sensitif

Saat layar ponsel terkunci, tentunya Anda pernah melihat Notifikasi yang muncul pada layar Anda, itulah yang dinamakan sebagai Notifikasi Sensitif. Biasanya salah satu fungsi dari kunci layar adalah mencegah orang masuk ke perangkat Anda. Namun ternyata dengan adanya Notifikasi sensitif ini membuat orang lain masih dapat mengetahui beberapa informasi yang masuk pada ponsel Anda.

Cara Menyembunyikan Notifikasi Sensitif
Cara Menyembunyikan Notifikasi Sensitif

image source

Ada beberapa informasi yang dapat dikumpulkan dari pemberitahuan tampilan itu sendiri. Untungnya, Android memudahkan untuk menyembunyikan pemberitahuan sensitif tersebut pada layar kunci Anda. Sehingga orang lain pun tidak akan mudah untuk melihatnya. Android memungkinkan Anda untuk menyembunyikan notifikasi agar tidak muncul lagi saat layar terkunci. Jadi akan lebih aman jikapun ada notifikasi yang masuk tetapi orang lain tidak akan yang melihatnya sebelum Anda membuka kunci layarnya.

Jika Anda menyembunyikannya, maka Notifikasi akan tetap muncul, tetapi isinya akan disembunyikan. Namun apa yang sebenarnya memenuhi syarat sebagai pemberitahuan “sensitif”, semua itu terserah pengembang aplikasi, sehingga dapat bervariasi mana yang masuk dalam kategori sensitif atau tidak.

Berikut Cara Mudah Menyembunyikan Notifikasi Sensitif Pada Android

1. Untuk memulainya cukup mudah, gesek ke bawah dari atas layar perangkat Anda (sekali atau dua kali, tergantung pada pabrikan ponsel atau tablet Anda) kemudian ketuk ikon roda gigi untuk membuka menu Pengaturan. atau Anda bisa membuka melalui menu Aplikasi kemudian pilih Pengaturan.
2. Selanjutnya, pilih “Aplikasi & Pemberitahuan”. Dan pilih “Notifikasi“.
3. Gulir ke bawah ke bagian “Pemberitahuan di Layar Kunci“. Pilih “Notifikasi di Layar Kunci“.
4. Jika Anda ingin menyembunyikan semua pemberitahuan, pilih “Jangan Tampilkan Pemberitahuan Apa Pun“. Anda juga memiliki opsi untuk “Sembunyikan Percakapan dan Pemberitahuan Senyap”.
5. Untuk solusi yang tidak terlalu agresif, nonaktifkan slider untuk “Notifikasi Sensitif“.

Perlu Anda ketahui, metode “Pemberitahuan atau Notifikasi Sensitif” tidak menawarkan banyak kontrol. Apa yang dianggapnya “sensitif” sepenuhnya tergantung pada aplikasinya. Ini mungkin berfungsi untuk aplikasi yang Anda gunakan, atau mungkin tidak untuk saat ini. Namun jika menurut penulis, salah satu aplikasi yang masuk dalam kategori Pemberitahuan Sensitif adalah aplikasi perpesana WhatsApp.

Cara Mematikan Notifikasi Channel pada Android

Tahukah Anda apa itu Notifikasi Channel? “Notification Channels” diperkenalkan pada tahun 2017 sejak Android 8.0 Oreo dirilis. Pengertiannya adalah bahwa aplikasi dapat mengelompokkan berbagai jenis pemberitahuan ke dalam sebuah “channel”. Setiap saluran kemudian dapat Anda aktifkan atau Nonaktifkan oleh pengguna. Ini semua bisa Anda lakukan pada pengaturan Android bukan pada Pengaturan Aplikasi tertentu.

Mematikan Notifikasi Channel
Mematikan Notifikasi Channel

Misalnya seperti aplikasi YouTube. Ada beberapa saluran yang tersedia. Anda memiliki “Langganan“, “Livestream“, dan “Komentar dan Balasan“, untuk beberapa lainnya. Jika Anda hanya ingin tahu tentang video baru dari langganan Anda, Anda dapat menonaktifkan yang lainnya. Berikut cara Anda jika ingin mematikan Notifikasi Channel pada ponsel Anda.

Ada dua cara untuk menyesuaikan Saluran Pemberitahuan. Metode pertama bersifat proaktif, sedangkan yang kedua mengambil tindakan terhadap notifikasi saat masuk.

1. Untuk metode pertama, gesek ke bawah dari atas layar perangkat Anda (sekali atau dua kali, tergantung pada pabrikan ponsel atau tablet Anda) dan ketuk ikon roda gigi untuk membuka menu Pengaturan.
2. Selanjutnya, pilih “Aplikasi & Pemberitahuan”.
3. Ketuk “Lihat Semua Aplikasi“. Anda akan melihat daftar lengkap aplikasi yang terinstal pada ponsel Anda.
4. Temukan aplikasi yang ingin Anda sesuaikan Saluran Notifikasinya.
5. Misalnya Youtube. Sekarang, pilih “Notifikasi“.
6. Pada bagian atas, Anda masih mendapatkan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan semua notifikasi.
7. Sedangkan pada bagian bawahnya adalah daftar Saluran Pemberitahuan. Bergantung pada aplikasinya, mungkin ada sejumlah besar saluran atau tidak sama sekali. Aktifkan atau nonaktifkan saluran mana pun yang Anda inginkan.

Misalnya Anda hanya ingin mengaktifkan pemberitahuan saat ada video terbaru dari langganan channel Anda. Jadi jika terdapat komentar ataupun balasan komentar pada cahnnel langganan Anda, notifikasi tidak akan muncul pada layar Anda. Kecuali Channel tersebut melakukan upload video terbaru.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.