Cara Mudah Menyembunyikan Tab Meet Pada Aplikasi Gmail

  • Bagikan
Cara Menyembunyikan Tab Meet pada Gmail
Cara Menyembunyikan Tab Meet pada Gmail

Menyembunyikan tab Meet pada Gmail merupakan hal yang bisa Anda lakukan jika merasa kurang nyaman dengan tampilan baru-baru ini. Hal ini merupakan langkah perubahan besar yang Google hadirkan untuk membuat pengguna Gmail menjadi lebih tertarik dan nyaman menurutnya. Terutama jika Anda ingin melakukan video telekonferensi sekaligus melalui aplikasi Gmail tanpa perlu mendownload aplikasi Meet.

Cara Menyembunyikan Tab Meet pada Gmail
Cara Menyembunyikan Tab Meet pada Gmail

image source

Perubahan ini terjadi sejak Google mengintegrasikan Google Meet ke dalam layanan Gmail-nya untuk platform Android dan iOS. Namun kendati begitu, Google juga telah mengizinkan kepada pengguna jika mereka menganggap kurang nyaman dengan hadirnya Tab Meet pada aplikasinya. Melalui artikel ini, Anda dapat mempelajari cara menyembunyikan pintasan Meet untuk mengosongkan beberapa ruang visual pada aplikasi Gmail Anda. Sehingga akan membuat tampilan Gmail masih sama seperti tampilan standarnya.

Bilah pintasan pada aplikasi Gmail bahkan mungkin akan semakin banyak untuk masa mendatang. Google mungkin mulai mengakomodasi lebih banyak layanannya seperti Google Chat (pengganti Hangouts) dan Room (yang berisi percakapan aktif). Oleh karena itu, penulis juga akan memberikan cara menyembunyikan (atau menampilkan) pintasan baru, untuk berjaga-jaga jika Google memutuskan untuk mengutak-atik lagi antarmuka aplikasi dan membuat Anda semakin tidak nyaman.

Cara Mudah Menyembunyikan Tab Meet Pada Aplikasi Gmail

1. Buka aplikasi Gmail pada ponsel Anda, selanjutnya ketuk tombol menu (garus tiga horizontal) pada pojok kiri atas
2. Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan
3. Pilih akun pengguna yang Anda inginkan (Anda dapat menggunakan pengaturan yang berbeda untuk setiap profil)
4. Kemudian gulir ke bawah dan hapus centangTampilkan tab Meet untuk panggilan video“.

Setelah Anda melakukannya, aplikasi Gmail akan tertutup dan kembali terbuka sembari dengan tampilan standarnya. Yakni dengan menghilangkan tab Meet yang Anda anggap kurang nyaman, sehingga tampilan Meet menjadi lebih besar untuk menampilkan email Anda. Bergantung pada ukuran tampilan perangkat, resolusi layar, dan kepadatan layar, aplikasi mungkin menampilkan sekitar satu email lagi sebagai pengganti pintasan Google Meet.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Tab Google Chat

Mengikuti langkah yang sama, Anda juga dapat mengintegrasikan Google Chat pada aplikasi Gmail. Opsi ini diberi label sebagai “Tampilkan tab Obrolan dan Ruang” dengan menghapus centang, berarti Anda mematikan opsi pintasan Google Chat tersebut. Jadi hal ini bisa kapan saja Anda aktifkan sesuai dengan keinginan Anda. Namun selain itu, hal ini juga untuk berjaga-jaga jika Google menampilkan tab secara default pada masa mendatang, jadi Anda sudah tahu bagaimana cara menonaktifkannya.

Beberapa Tips dan Trik yang bisa Anda Lakukan dengan Gmail Android

Suka atau tidak, email atau yang disebut sebagai elektronik mail merupakan alat berkirim pesan yang ada pada ponsel Anda. Namun, untuk mengetahui pesan yang Anda harus selalu memeriksa kotak masuk Anda. Nah, agar Anda tidak selalu bolak balik mengecek pesan masuk atau yang lain, berikut ini penulis berikan tips dan trik tentang Gmail Anda. Sebelum memulai, pastikan Anda menggunakan Gmail versi terbaru dengan membuka aplikasi Play Store dan memeriksa pembaruan.

Auto-Advance (Maju Otomatis)

Anda punya banyak email yang belum sempat Anda baca? Sortir dengan mudah menggunakan fitur Auto-Advance. Fitur ini tersedia di bawah Pengaturan Umum. Fitur bagus ini akan membawa Anda ke email berikutnya setelah Anda mengarsipkan atau menghapus yang Anda lihat. Jadi Anda akan bisa secara langsung melihat email masuk dari semua akun email yang ada pada ponsel Anda.

Lebih Banyak Label

Tak perlu Anda katakan lagi bahwa Label dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas pada aplikasi Gmail. Semakin banyak label, semakin mudah mengelola email. Jadi, apakah itu buletin atau proyek, yang perlu Anda lakukan adalah membuat label dan membiarkan aplikasi melakukan keajaiban untuk Anda.

Pencarian Cerdas

Misalkan Anda baru saja kembali dari liburan panjang dan membuka Gmail setelah sekitar satu minggu. Ratusan email akan langsung membanjiri inbox Anda. Dalam kasus seperti itu, metode pencarian konvensional tidak akan berguna untuk menemukan email yang tepat pada waktu yang tepat.

Jadi, jika Anda ingin mencari subjek atau dengan jangka waktu tertentu, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan beberapa parameter pencarian seperti subjek: atau older_than: dan Gmail akan mengambil email Anda tentang subjek itu atau dari periode waktu saja. Selain itu, Anda bahkan dapat mencari berdasarkan nama apa pun, yang telah dikirim melalui email, dengan mengetik cc: pada bilah pencarian kemudian tulis ID email.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.