Cara Mudah Merekam Panggilan Video WhatsApp di Android

  • Bagikan
Cara Merekam Panggilan Video WhatsApp
Cara Merekam Panggilan Video WhatsApp

Ingin tahu bagaimana cara merekam panggilan video WhatsApp? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merekam panggilan video Anda. Mulai dari menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, atau bisa dengan menggunakan aplikasi bawaan ponsel. Sebelum memulai membahas berbagai metode yang saat ini bisa Anda lakukan, mari membahas fungsi dan manfaat dari merekam panggilan video Anda.

Cara Merekam Panggilan Video WhatsApp
Cara Merekam Panggilan Video WhatsApp

image source

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah Anda dapat memutar kembali hasil percakapan Anda. Hal ini biasanya Anda lakukan jika Anda sedang melakukan video telekonferensi bersama teman-teman Anda. Sudah Anda ketahui bahwa WhatsApp mendukung video telekonferensi hingga 8 orang. Dan hal ini bisa Anda lakukan untuk sekedar melepas kerinduan bersama teman-teman Anda. Atau bahkan dengan melaksanakan rapat terbatas dengan orang-orang penting Anda dalam dunia kerja Anda.

Hingga kini WhatsApp belum menyediakan secara resmi pengaturan yang bisa merekam penggilan video secara langsung. Jadi sebagai satu-satunya cara untuk merekam panggilan video WhatsApp adalah dengan bantuan aplikasi perekam layar. Beberapa produsen menggabungkan ponsel mereka dengan aplikasi perekam layar bawaan. Bagi Anda yang memiliki salah satu perangkat ini, Anda cukup mengaktifkan perekam layar. Selanjutnya Anda tinggal memulai panggilan video WhatsApp dan secara langsung akan bisa Anda rekam.

Biasanya jika ponsel cerdas Anda menjalankan Android yang dibalut dengan antar muka tertentu seperti MIUI, ColorOS, dan One UI. Maka ini akan memiliki perekam layar bawaan. Jika demikian Anda tidak perlu lagi mendownload aplikasi perekam layar pada Google Play Store. Namun jika tidak, maka sebagai solusinya, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi perekaman layar pihak ketiga seperti MNML screen recorder atau AZ screen recorder.

Begini Cara Mudah Merekam Panggilan Video WhatsApp

Jika Anda memerlukan aplikasi perekam layar pihak ketiga, Anda bisa mendapatkannya melalui Google Play Store. Sebagai rekomendasi dari penulis, Anda bisa mencoba salah satu dari dua aplikasi perekam layar, yakni AZ Screen recorder dan MNML Screen recorder. Anda dapat menginstalnya dengan mudah melalui Google Play Store pada ponsel Anda.

1. Setelah Anda menginstal perekam Layar tersebut, silahkan buka aplikasinya. Biasanya aplikasi akan meminta Anda untuk memberikan izin akses pada bagian tertentu agar aplikasi perekaman layar dapat berjalan dengan maksimal.
2. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp dan mulailah panggilan video seperti biasa dengan teman-teman Anda. Bisa hanya dengan dua orang atau bahkan hingga 8 orang.
3. Saat panggilan sudah berlangsung, tekan tombol mulai rekam pada aplikasi yang sudah Anda buka tadi. Selain itu, Anda dapat menghentikan perekaman di tengah jalan kapan pun Anda mau.
4. Nah, untuk melihat file yang sudah Anda rekam, Anda bisa membuka aplikasi Galery pada ponsel Anda. Carilah folder yang sesuai dengan nama aplikasi yang Anda gunakan.

Selain itu, berikut juga penulis sertakan cara merekam panggilan video WhatsApp pada ponsel Xiaomi. Sekedar mengingatkan, Xiaomi memiliki antar muka MIUI yang sudah memiliki berbagai macam fitur dan peningkatan. Salah satunya adalah merekam layar ponsel.

Cara Merekam Panggilan WhatsApp pada MIUI

Perangkat Xiaomi yang menjalankan MIUI hadir dengan aplikasi perekaman layar yang sangat mumpuni. Anda dapat dengan mudah mengaksesnya dari menu drop-down. Namun, sebelum Anda mulai menggunakannya untuk merekam panggilan video pada WhatsApp, Anda perlu memastikan beberapa hal agar Anda dapat mendengar suara kedua belah pihak dalam rekaman akhir.

1. Geser ke bawah untuk membuka menu pengaturan cepat
2. Tekan lama Perekam layar untuk membuka aplikasi (Jika Anda tidak melihat aplikasi di sini, geser ke kanan atau kiri)
3. Ketuk ikon pada sudut kanan atas untuk membuka halaman Pengaturan. Gulir ke opsi pada Sumber suara dan pastikan Anda telah memilih Mikrofon, bukan Suara sistem.
4. Sebelum Anda melakukan panggilan, geser ke bawah untuk memulai perekam layar.
5. Selanjutnya baru Anda buka WhatsApp dan lakukan panggilan video seperti biasanya.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.