Cara Mudah Transfer File dari Komputer Ke Android/Smartphone

Jika dahulu untuk mentransfer file Anda memerlukan bantuan Bluetooth, Google Drive atau e-mail, kini Anda bisa melakukannya dengan bantuan Wi-Fi. Ya, ada sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk transfer dan menerima file antara perangkat komputer dengan Android dengan bantuan Wi-Fi. Proses pengiriman dan penerimaan file dengan aplikasi ini dijamin lebih cepat dibanding Anda mengandalkan Bluetooth atau menggunakan kabel data sekalipun.

SHAREit
SHAREit

SHAREit merupakan aplikasi besutan Lenovo dimana ketersediaannya sendiri tidak hanya ada diperangkat Smartphone Android, iOS dan Windows Phone/Mobile saja, tapi juga tersedia di perangkat Desktop PC/Laptop baik itu yang memakai sistem operasi Windows maupun Mac.

Secara garis besar, SHAREit adalah aplikasi yang bisa kamu pakai untuk keperluan berbagi file (mengirim dan menerima file) seperti foto, video, musik, dokumen bahkan folder sekaligus dari satu perangkat ke perangkat lain dengan cepat tanpa menunggu lama. Kelebihan dari SHAREit terletak pada cara kerjanya yang hanya memerlukan perangkat WiFi (Portable Hotspot) sebagai jalurnya dalam melakukan transfer file. Karena melalui WiFI itu pula, SHAREit membuat kamu mampu melakukan transfer file berukuran besar hingga 100GB dengan proses yang lebih cepat ketimbang menggunakan Bluetooth.

Di Google Play Store sendiri aplikasi Shareit sudah diinstall sebanyak lebih dari 100 juta kali dan mendapatkan rating 4,5 bintang. Hal ini membuktikan bahwa Shareit merupakan aplikasi yang benar-benar bermanfaat.

Memang sebenarnya banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan transfer file namun saya berasumsi bahwa aplikasi yang bernama SHAREit ini layak dan sangat cocok buat melakukan semua itu. SHAREit sendiri kebanyakan sudah menjadi aplikasi bawaan yang disertakan dalam bundle ponsel. jadi bagi yang di ponsel androidnya belum ada aplikasi SHAREit ini bisa diunduh di playstore dengan mudah.

Cara melakukan transfer File dari PC ke Android

Pada dasarnya SHAREit bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer file dari PC ke PC, PC ke Android (atau sebaliknya), maupun dari Android ke Android. Itu semua tergantung kebutuhan kamu.

1. Instal terlebih dahulu aplikasi SHAREit di PC maupun di Smartphone anda
2. Buka Aplikasi SHAREit pada kedua perangkat yang akan anda gunakan

3. Yang pandudroid contohkan disini adalah mengirim file musik dari Android pada komputer
4. Klik Send untuk mengirim File, Kemudian pilih File yang akan anda kirim

5. Ini adalah tampilan pencarian nama device komputer yang akan anda sambungkan, setelah ditemukan pilih nama device

SHAREit Smartphone 5
SHAREit Smartphone 5

6. Pada PC/Komputer akan muncul notifikasi, Lalu pilih Terima

SHAREit PC 2
SHAREit PC 2

7. Dengan sekejap maka File yang kita kirim akan langsung masuk pada komputer kita.

SHAREit PC 5
SHAREit PC 5

Itulah cara kirim file dengan mudah dan cepat dengan menggunakan SHAREit. Semoga tutorial ini bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.