Cara Mudah Uninstall Aplikasi di Perangkat Android

Seperti yang sering kami katakan jika perangkat android, baik smartphone ataupun tablet android benar – benar memanjakan pemilikinya untuk menginstall aplikasi apapun yang diinginkan. Di Google Play Store, yang merupakan gudangnya aplikasi android tersedia ribuan aplikasi baik yang berbayar ataupun yang gratis.

Uninstall aplikasi, Google Play Store
Cara Uninstall aplikasi di android

Di Google Play Store kita dapat dengan mudah mendapatkan aplikasi apa saja mulai dari permainan, buku online, komik, aplikasi toko, tool dan masih banyak lainnya.

Namun perlu anda sadari bahwasanya media penyimpanan perangkat android anda ada batasnya. Jadi menginstall aplikasi dengan tanpa memikir media penyimpanan yang tersisa tentu bukanlah cara yang tepat. Oleh karenanya sebelum anda mendownload dan menginstall aplikasi baru, alangkah lebih baiknya anda mengetahui sisa media penyimpanan, cukupkah? Dan jika memang aplikasi baru yang akan anda download sangat penting tidak ada salahnya jika anda menguninstall aplikasi lama yang sudah tidak anda gunakan lagi.

Untuk melakukan uninstall, dapat dengan mudah anda lakukan, terutama jika semua aplikasi yang anda install merupakan aplikasi yang anda download dari Google Play Store. Caranya buka aplikasi Google Play Store -> Tekan tombol menu (tiga baris di pojok kiri atas) -> Pilih aplikasi saya -> pilih Aplikasi Terpasang. Nah selanjuntnya akan tampil semua aplikasi yang terpasang di perangkat android anda. Dan untuk uninstall, silahkan anda tap aplikasi yang ingin anda uninstall, tap tombol “Copot Pemasangan”.  Cara ini hanya untuk aplikasi yang anda install dari Google Play Store, tidak untuk aplikasi yang anda install via apk.

Cara kedua adalah dengan masuk ke menu Setting -> Apl/Aplikasi, tap tab semua, maka dilayar akan tampil semua aplikasi yang terpasang di perangkat android anda, baik yang anda install via Google Play Store, apk ataupun yang anda install via toko aplikasi lainnya seperti Amazon, Mobogenie dll. Untuk uninstall silahkan anda tap/tekan aplikasi yang ingin anda uninstall dan kemudian tekan tombol “Copot Pemasangan”.

Mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *