Cara Mudah Upload Gambar Dengan Kualitas Tinggi Pada Twitter Android

  • Bagikan
Upload Gambar Pada Twitter dengan Kualitas Tinggi
Upload Gambar Pada Twitter dengan Kualitas Tinggi

Sebagai pengguna, tentunya Anda sering melakukan upload gambar pada Twitter Android walau hanya sekedar berbagi cerita ataupun lainnya. Tahukah Anda jika gambar yang Anda upload secara otomatis akan terkompresi menjadi lebih kecil? Artinya gambar tersebut berubah resolusi menjadi lebih kecil.

Upload Gambar Pada Twitter dengan Kualitas Tinggi
Upload Gambar Pada Twitter dengan Kualitas Tinggi

image source

Jadi tidak heran jika orang lain pernah mengatakan jika gambar yang Anda upload terlihat buram alias kurang jelas. Hal inilah yang memicu gambar menjadi berubah lebih kecil resolusinya. Sama halnya dengan aplikasi WhatsApp, berapapun resolusi gambar yang Anda punya, jika Anda upload pada WhatsApp akan terkompresi menjadi lebih kecil.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ternyata twitter memberikan opsi untuk mengubah jenis foto ataupun video yang Anda upload. Agar lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mudah Upload Gambar Dengan Kualitas Tinggi Pada Twitter Android

1. Pertama, buka aplikasi Twitter Anda.
2. Kemudian ketuk ikon menu pengaturan (tiga garis) pada sudut kiri atas layar.
3. Selanjutnya pilih Pengaturan dan privasi.
4. Masuk pada Penggunaan data.
5. Carilah pada sub menu Gambar, kemudian pada Gambar kualitas tinggi (High-quality images), Anda akan diberikan 3 opsi. Apakah Anda ingin memuat gambar hingga kualitas 4K menggunakan data seluler dan Wi-FI, hanya Wi-Fi, atau tidak keduanya. Selain itu, Anda juga bisa mengaturnya pada sub menu Video tepat pada bagian bawahnya dengan mengaktifkannya opsi sama dengan di atas.

Nah, jika sudah selesai, maka sekarang Anda sudah bisa mengupload foto maupun video dengan kualitas tinggi bahkan dengan resolusi 4K sekalipun. Jadi Anda tidak akan mendapatkan gambar yang kurang jelas lagi pada postingan Twitter Anda.

Perlu Anda ketahui, fitur ini tidak semua pengguna mendapatkannya. Agar tidak penasaran, silahkan cek aplikasi Twitter Anda pada ponsel masing-masing. Jangan lupa update aplikasi hingga terkini agar Anda bisa menikmati fitur di atas. Untuk memeriksa pembaruan tersebut, Anda perlu masuk pada aplikasi Google Playstore, kemudian cari aplikasi twitter. Lakukan update jika Anda masih belum mengupdatenya pada versi yang lebih baru.

Fitur Spaces Kini Hadir Untuk Twitter Android

Twitter akhirnya merilis fitur terbarunya Spaces setelah sebelumnya muncul terlebih dahulu untuk pengguna Twitter pada iOS. Walaupun Spaces pada Android ini masih dalam tahap beta, tetapi beberapa pengguna sudah bisa mencobanya dengan berbagai macam fitur menariknya.

Spaces ini merupakan fitur berupa ruang obrolan berbasis audio yang memungkinkan pengguna mengajak follower atau orang-orang tertentu untuk berdiskusi dalam sebuah forum khusus. Layaknya pada aplikasi Clubhouse, kini twitter juga turut memanjakan para penggunanya.

Secara singkat, Spaces adalah fitur di mana pengguna Twitter bisa membuat sesi diskusi virtual dengan topik tertentu yang nantinya dapat didengar secara langsung oleh pengguna lainnya. Lantaran fungsi dan sifatnya yang sama-sama berbasis audio, jadi tidak heran jika beberapa pengguna menyebutnya sebagai pesaing media sosial Clubhouse yang belakangan tengah naik daun.

Cara Menghemat Penggunaan Data pada Aplikasi Twitter

Twitter juga memiliki opsi untuk menghemat data pengguna saat menggunakannya setiap harinya. Namun perlu Anda ketahui, jika Anda mengaktifkan fitur penghemat data tersebut, maka secara otomatis gambar dengan resolusi tinggi juga tidak akan aktif. Pengaturan gambar akan kembali pada pengaturan default. Berikut cara mengaktifkan mode hemat data pada Twitter.

1. Dari menu profil Anda, masuk pada Pengaturan dan privasi.
2. Kemudian pada bagian Umum, pilih Penggunaan data.
3. Aktifkan mode Penghemat data pada menu Data Saver.

Maka, dalam mode ini, gambar akan dimuat dalam kualitas yang lebih rendah dan video tidak akan diputar secara otomatis. Sehingga akan membuat data lebih hemat dan tidak terlalu boros.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.