Cara Paling Mudah Melakukan Sideload Aplikasi Pada Android TV

Melakukan sideload aplikasi pada Android TV memang perkara mudah. Begitupun untuk mendapatkan file APK pada Android TV. Namun terkadang hanya saja mencari file APK menggunakan ponsel akan jauh lebih mudah dari pada mencarinya lewat Android TV secara langsung.

Sideload Aplikasi Pada Android TV
Sideload Aplikasi Pada Android TV

image source

Oleh karenanya banyak langkah yang bisa Anda tempuh untuk melakukan sideload aplikasi ke TV. Tapi kali ini Anda akan menggunakan ponsel Android, dan itu berarti Anda dapat melakukan sideload hampir semua hal yang Anda inginkan dari ponsel secara langsung. Namun, perlu Anda ingat jika mendapatkan APK di TV Anda tidak akan secepat atau semudah mendapatkannya di ponsel Anda. Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengirim file APK tersebut ke Android TV.

Cara Paling Mudah Melakukan Sideload Aplikasi Pada Android TV

Instal APK dari Ponsel atau Tablet Android

Ada beberapa metode berbeda untuk melakukan transfer file APK ke Android TV. Hal ini sama halnya seperti menginstal pengelola file cloud pada Android TV Anda. Bahkan Anda bisa menginstal aplikasi melalui ADB di komputer. Namun, jika Anda sedang mencari metode termudah saat melakukan sideload aplikasi ke Android TV adalah dengan memanfaatkan aplikasi “Send files to TV”. Ini merupakan aplikasi yang bisa mengirim file ke perangkat Android TV (atau apa pun antar Android) melalui jaringan lokal.

Berikut cara melakukan sideload aplikasi ke Android TV menggunakan aplikasi Send files to TV.

1. Pertama, Anda harus menginstal aplikasi Send files to TV dari Play Store ponsel dan Android TV Anda. Untuk menginstal pada Android TV, caranya dengan membuka Play Store dan ketik namanya pada kolom pencarian. Atau Anda juga bisa membuka Google Play Store menggunakan PC/Komputer dan atur TV Anda sebagai target penginstalannya.
2. Setelah aplikasi terinstal pada kedua perangkat tersebut, lalu buka aplikasi Send files to TV pada TV Anda. Selanjutnya Anda ketuk opsi ‘Terima‘ untuk bersiap menerima file yang akan masuk.
3. Sekarang, buka aplikasi Send files to TV pada ponsel Anda. Nah, pada ponsel Android, tekan Kirim. Maka nantinya, akan membuka browser file Anda dan carilah file APK dan mulai mengirimnya.
4. Setelah transfer file selesai, Anda dapat memilih file pada TV tersebut, lalu tekan opsi “Buka“. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan mendapatkan prompt untuk menginstal aplikasi.
5. Namun, jika Anda mengalami masalah tidak dapat menginstal file tersebut, kemungkinan Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Jika demikian, Anda perlu memasang aplikasi pengelola file terpisah pada perangkat TV Anda, seperti File Commander, dan lainnya.

Instal Aplikasi File Commander

Jika Anda menggunakan File Commander, maka pilih ‘Penyimpanan internal’ pada layar utama, lalu masuk ke folder Unduh. Semua file yang Anda transfer menggunakan Send files to TV akan muncul di sini. Cukup tekan salah satu untuk memulai proses penginstalannya.

Akan tetapi, jika Anda memiliki Android TV versi terbaru, Anda mungkin mendapatkan pesan bahwa penginstalan dari sumber yang tidak dikenal tidak diizinkan. Sama seperti pengguna Android, menginstal Aplikasi dari luar Google Playstore akan muncul pop-up peringatan sumber tidak dikenal. Jika demikian, Anda perlu masuk pada “Pengaturan”, kemudian centang pada aplikasi sumber tidak dikenal, atau Anda dapat melihat dengan daftar aplikasi yang diizinkan.

Anda hanya perlu mengalihkan aplikasi untuk mencoba menginstal APK (baik pengelola file atau Kirim file ke TV) ke posisi ‘aktif’, dan tekan kembali remote Anda untuk kembali ke penginstalan. Anda hanya perlu melakukan langkah ini sekali saja pada perangkat Anda.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.