Cara Paling Mudah Transfer Data Anda dari iPhone ke Android

  • Bagikan
Cara Transfer Data iPhone ke Android
Cara Transfer Data iPhone ke Android

Melakukan transfer data dari iPhone ke Android tentunya lebih sulit dari pada melakukannya ke sesama Android. Nah, dalam panduan Dasar-Dasar Android pada situs ini, penulis akan menunjukkan kepada Anda cara transfer data dari iPhone ke ponsel Android baru Anda yang lebih cepat, dan prosesnya mudah untuk Anda lakukan.

Cara Transfer Data iPhone ke Android
Cara Transfer Data iPhone ke Android

image source

Mentransfer data Anda dari iPhone ke Android sebelumnya merupakan prospek yang cukup membingungkan banyak pengguna. Anda juga harus mengikuti sejumlah langkah untuk memastikan tidak ada data yang hilang. Karena tidak semua alat transfer data kompatible jika menggunakannya dalam lintas platform. Kecuali jika Anda menggunakannya dalam satu platform yang sama. Misalnya transfer data dari iPhone ke iPhone, atau dari ponsel Android ke Android lainnya.

Nah, sekarang ini proses melakukan transfer data lintas platform menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya, termasuk melakukannya dari iPhone ke Android. Hal ini tentunya berkat beberapa alat baru yang rapi dan integrasi yang lebih erat antara layanan Google dengan pagar iOS.

Jika Anda ingin mentransfer dari iPhone lama ke ponsel Android yang lebih baru, bahkan ada alat khusus OEM seperti OnePlus dan Samsung yang merampingkan proses lebih jauh. Dalam hal ini, Anda akan menggunakan OnePlus Switch dan Samsung SmartSwitch, yang bahkan memungkinkan transfer pesan SMS.

Namun cara yang paling sederhana yang Google buat adalah dengan memanfaatkan Google Drive. Ini adalah proses termudah dan lebih mudah karena cepat, sederhana dan menyimpan semua data inti Anda dalam satu tempat yang mudah dikelola. Sebagai alternatif, Anda dapat mencadangkan semua data Anda satu per satu dalam setiap aplikasi Google yang sesuai jika Anda mau. Misalnya Foto, kontak telepon dan catatan penting pada perangkat Anda.

Cara Menyiapkan iPhone Anda untuk Transfer Data ke Android

Anda perlu menyiapkan beberapa langkah pada ponsel iPhone Anda, salah satunya dengan mendownload aplikasi Google Drive. Pada Android, Google Drive menjadi aplikasi bawaan semua ponsel, namun hal itu tidak pada iPhone. Jadi Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu melalui App Store.

1. Unduh Google Drive dari App Store
2. Lalu masuk ke akun Google Drive Anda melalui akun Gmail Anda.
3. Cadangkan konten Anda dengan membuka Menu => Setelan => Cadangan. Atau Anda dapat melakukan upload secara manual ke Google Drive. Misalnya Anda dapat mengekspor kontak telepon Anda terlebih ke penyimpanan telepon Anda, lalu kemudian menguploadnya pada Google Drive.
4. Pilih apa yang ingin Anda cadangkan => Kalender, Kontak, Foto & video
5. Sekarang pilih “Mulai Pencadangan

Perlu Anda catat bahwa proses ini mungkin memakan waktu beberapa jam tergantung pada seberapa banyak data yang Anda cadangkan dan seberapa cepat koneksi internet pada ponsel Anda. Kami menyarankan untuk mencolokkan perangkat Anda ke pengisi daya untuk memastikannya tidak terkuras saat proses ini sedang berlangsung.

Catatan: Mematikan iMessage akan memastikan bahwa tidak ada lagi masalah yang dihadapi dengan pesan SMS saat mentransfer ke ponsel Android baru Anda.

Cara Memulihkan Data Anda ke Ponsel Android

1. Nyalakan ponsel Android Anda
2. Masuk ke akun Google Anda
3. Maka semua data Anda sekarang akan langsung masuk dalam Kontak, Kalender, dan Google Foto.
4. Sungguh menakjubkan betapa sederhananya seluruh proses transfer data dari iPhone ke Android. Sekarang jauh lebih mudah untuk beralih daripada sebelumnya. Jika Anda sudah terbiasa dengan layanan Google, Anda akan menyukai integrasi yang lebih erat dengan mereka saat menggunakan ponsel Android Anda.

Namun, jika proses yang Anda lakukan tadi menggunakan proses upload secara manual ke Google Drive, jadi Anda memulihkannya juga harus dengan cara manual alias satu persatu.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.