Cara Praktis dan Mudah Menggunakan Google Meet Untuk Kebutuhan Video Telekonferensi

Sekarang ini sistem daring sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari apalagi ditengah masa pandemi yang belum berakhir. Salah satunya adalah Google Meet, sebuah layanan yang diberikan oleh google untuk kebutuhan Video telekonferensi.

Panduan Menggunakan Google Meet
Panduan Menggunakan Google Meet

Google Meet biasanya akan banyak digunakan oleh para pembelajar, mulai dari guru, dosen hingga orang-orang yang bekerja di kantoran. Google Meet akan digunakan untuk melakukan Video Telekonferensi atau tatap muka melalui jaringan yang saat ini tengah booming dikalangan masyarakat bahkan sudah mendunia.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Pada tulisan ini akan kami bahas tentang bagaimana cara kamu bisa menggunakan Google Meet, mulai dari Gabung dalam meeting hingga melaksanakan Meeting sendiri sebagai host dan mendapatkan kode meeting di Google Meet untuk kemudian kamu sebarkan pada responden yang lain.

Cara Join Meeting/Rapat Menggunakan Google Meet

1. Pertama silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Google kamu.

2. Kemudian silahkan pilih 9 titik disebelah kanan yang ada didekat gambar profil, seperti pada gambar ini. Kemudian pilih Meet.

Cara Membuka Google Meet
Cara Membuka Google Meet

3. Maka kamu akan diarahkan pada tampilan awal Google Meet

Tampilan Awal Google Meet
Tampilan Awal Google Meet

4. Untuk bergabung atau join pada meeting, silahkan masukkan kode rapat pada kolom yang disediakan, kemudian klik Gabung, maka kamu akan diarahkan pada halaman video telekonferensi bersama perserta lainnya.

Cara Menyelenggarakan Meeting Menggunakan Google Meet

1. Jika kamu akan menyelenggarakan rapat sendiri, kamu bisa langsung pilih Mulai Rapat, maka kamu akan diminta untuk memberikan akses Kamera dan Microphone laptop kamu, maka klik saja Izinkan.

2. Selanjutnya pada halaman sebelah kiri kamera akan terdapat pilihan Gabung Sekarang dan Presentasikan. Untuk memulai rapat silahkan pilih Gabung Sekarang.

3. Selanjutnya akan muncul kode rapat, atau sebuah alamat url yang bisa kamu gunakan untuk bergabung dalam rapat yang kamu selenggarakan.

Kode Rapat Google Meet
Kode Rapat Google Meet

4. Kamu bisa mengirimkan kode rapat tersebut melalui media sosial, seperti WhatsApp, Facebook dan lainnya.

Cara Mendapatkan Kode Meeting di Google Meet

Selain mengirimkan url meeting, kamu juga bisa mengirimkan kode meetingnya saja. Jika pada url meeting di atas, http://meet.google.com/wqp-cyvj-xfo, maka kode meetingnya adalah wqp-cyvj-xfo.

Itulah panduan jika kamu ingin menggunakan Google Meet dengan mudah dan praktis. Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit ilmu untuk anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.