Cara Praktis Menghapus Bloatware (Aplikasi Bawaan) Pada Android

Setiap smartphone Android tentu memiliki banyak bloatware atau aplikasi bawaan yang memang sengaja disematkan oleh si pembuat smartphone. Dengan banyaknya aplikasi bawaan android tentu memori penyimpanan yang tersedia akan semakin berkurang. Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Namun cara menghapus aplikasi bawaan android memang bukanlah hal yang mudah, terutama bagi mereka yang masih awam dalam hal tersebut.

Cara Praktis Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android

Sekedar informasi, sebagian besar aplikasi bawaan yang ditanamkan pada sistem android memiliki peran yang cukup penting dalam menjalankan setiap perintah pada smartphone. Oleh karena itu, Anda tak boleh sembarangan menonaktifkan atau menghapus aplikasi bawaan tersebut agar smartphone Anda tidak mengalami masalah. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana menghapus bloatware atau aplikasi bawaan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi Ccleaner di Google Play Store dan install seperti mengintsal aplikasi pada umunya.

2. Buka aplikasi Ccleaner.

3. Pilih menu Option yang berada di bagian kiri atas aplikasi kemudian pilih App Manager.

4. Setelah itu Anda akan melihat beberapa aplikasi yang dikategorikan menjadi tiga bagian, yakni Installed, System, dan Disabled. Installed menunjukkan aplikasi apa saja yang terinstall pada smartphone. System menunjukkan aplikasi yang mendukung fungsi dari smartphone dan merupakan aplikasi bawaan smartphone. Sedangkan pada kategori Disabled, Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang telah dinonaktifkan. Disini Anda jangan memilih aplikasi dengan logo Android karena apabila aplikasi tersebut dihapus, maka kemungkinan smartphone Anda akan mengalami kegagalan sistem.

5. Kemudian pilihlah Tab System yang di dalamnya terdapat aplikasi bawaan dari smartphone Anda.

6. Sentuh aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan kemudian klik gambar tong sampah yang letaknya berada di bagian kanan bawah.

7. Apabila muncul Pop Up, pilih Reboot Now untuk menghapus aplikasi tersebut secara permanen.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.