Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel Android Tanpa Muncul Watermark

  • Bagikan
Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel
Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel

Melakukan scan dokumen menggunakan ponsel Android menjadi sebuah aktifitas modern masa kini. Apalagi bagi Anda yang memiliki kamera dengan resolusi cukup bagus. Tentunya hal ini tidak akan Anda sia-siakan hanya untuk berfoto-foto, melainkan Anda gunakan untuk hal yang bermanfaat seperti halnya melakukan scan dokumen penting yang Ada butuhkan.

Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel
Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel

image source

Kebutuhan file atau dokumen sekarang ini sudah menjadi prioritas utama ketimbang bentuk aslinya. Karena selain mudah, juga lebih praktis dari pada harus membawa berkas atau dokumen penting tersebut. Selain itu, hal ini juga bermanfaat ketika Anda sedang bekerja. Misalnya harus mengirim data penting kepada orang lain/klien, maka cara paling cepatnya adalah dengan melakukan scan dokumen menggunakan ponsel Anda.

Namun yang menjadi masalah adalah banyak orang yang melakukan scan dokumen menggunakan ponsel malah terdapat watermark. Hal ini yang terkadang membuat orang merasa kurang nyaman dengan munculnya watermark tersebut. Dalam lain kesempatan, watermark berfungsi sebagai sebuah tanda bahwa Anda menggunakan aplikasi tertentu dalam memindai dokumen. Jadi, orang akan mengetahui jika Anda melakukannya menggunakan ponsel Android.

Nah, dalam hal ini penulis akan memperkenalkan sebuah aplikasi yang sangat menarik yang bisa Anda gunakan untuk memindai dokumen dengan mudah menggunakan ponsel Android. Sejauh ini, penulis menggunakan aplikasi ini saat memindai dokumen, tidak muncul watermark apapun. Jadi lebih aman dan tidak akan ada yang mengetahui jika Anda melakukan scan dokumen menggunakan ponsel.

Apa Itu Microsoft Lens?

Microsoft Lens menjadi salah satu aplikasi scan dokumen dengan fitur lengkap tanpa watermark. Aplikasi ini miliki Microsoft yang sebelumnya memiliki nama Microsoft Office Lens, dan sekarang ini berganti nama menjadi Microsoft Lens.

Jadi dengan aplikasi ini, Scan dokumen sekarang semakin mudah. Sebelum ada aplikasi tersebut, umumnya untuk melakukan scan dokumen membutuhkan alat berupa scanner. Alat tersebut tidak semungil dan seringkas smartphone pada umumnya. Umumnya, ukuran alat scanner sesuai dengan ukuran maksimal kertas yang bisa dimasukan ke alat tersebut.

Seiring berkembangnya teknologi, kita tidak terlalu membutuhkan alat tersebut. Cukup pasang aplikasi scan dokumen, kita bisa scan dokumen dengan kualitas yang tidak kalah dengan alat scanner. Menariknya, hasil dokumen aplikasi Microsoft Lens ini tidak memunculkan watermark seperti pada kebanyakan aplikasi lainnya.

Cara Download Microfot Lens

Bagi Anda yang masih belum memilikinya, Anda bisa dengan mudah mendownloadnya melalui Google Play Store. Anda dapat menggunakan Microsoft Lens untuk mengonversi gambar menjadi file PDF, Word, PowerPoint, dan Excel. Selain itu, juga mengubah teks cetak atau tulisan tangan menjadi digital, dan menyimpannya ke OneNote, OneDrive, atau perangkat lokal Anda. Anda bahkan dapat mengimpor gambar yang sudah ada pada perangkat Anda menggunakan Galeri.

Download Microsoft Lens – PDF Scanner

Cara Scan Dokumen Menggunakan Microsoft Lens

Scan dokumen dengan smartphone adalah cara sederhana untuk punya cadangan data dalam bentuk digital (misalnya PDF atau Word) dan bisa kita akses secara online. Cadangan dokumen tersebut kemudian bisa kamu akses di mana saja dan kapan saja. Hal ini tentunya bisa membuat pikiran jadi sedikit lebih tenang.

1. Buka aplikasi Microsoft Lens. Kemudian arahkan kamera ke dokumen yang ingin Anda scan. Perhatikan garis bantu yang membaca posisi dokumen.
2. Tekan tombol kamera. Lalu sesuaikan gambar bila perlu. Kamu juga bisa memotong, memutar, atau sesuaikan sumber dokumen (mode dokumen, whiteboard, dll).
3. Tekan tombol centang ? jika sudah selesai.
4. Tulis nama file pada bagian atas, kemudian pilih letak penyimpanan (bisa salah satu atau beberapa sekaligus).
5. Tekan “Save” atau “Simpan” (pilih simpan ke galeri, PDF, Word, dll).

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.