Cara Setting Fitur Messenger Rooms Untuk Video Conference Via Aplikasi Facebook

Penggunaan Video Conference selama pandemi Covid-19 atau Corona sangat pesat dibandingkan masa-masa sebelumnya. Dan mungkin kedepan video conference akan terus digunakan. Namun beberapa pihak banyak mendapat kecaman karena perihal privasi, seperti adanya pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang tiba-tiba muncul saat konferen sedang berlangsung.

Banyak aplikasi video conference yang bisa dimanfaatkan seperti, google meet, aplikasi Zoom yang menjadi trend di berbagai negara. Dan selanjutnya Facebook yang juga meluncurkan tambahan fitur Messenger Rooms. Namun mungkin dinegeri ini Zoom menjadi lebih favorit, karena memang penggunaannya cukup mudah bagi pemula.

Daftar orang yang tergabung dalam Room
Daftar orang yang tergabung dalam Room

Namun bagi anda yang telah memiliki akun facebook, tentu anda wajib mencoba untuk menggunakan fitur Messenger Rooms ini. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mendukung hingga 50 orang tanpa batas waktu dan bonus tambahan efek AR melalui aplikasi Messenger.

Namun sebelum anda memulai melakukan video conference via Facebook, anda harus yakin dan memastikan bahwa semuanya aman, artinya tidak ada pihak-pihak yang tidak anda inginkan ikut masuk dalam room anda. Untuk itu ikutilah langkah-langkah dibawah ini.

Berikut Cara Setting Fitur Messenger Rooms Untuk Video Conference Via Aplikasi Facebook

#1 Buka Aplikasi Facebook

Sebenarnya fitur facebook room merupakan fitur dari fitur Facebook Messenger, namun anda dapat melakukan pengaturan dari aplikasi Facebook biasa sebenarnya menyediakan lebih banyak opsi untuk penyesuaian. Buka aplikasi facebook di laptop anda.

#2 Mulai Membuat Kamar Anda

Setelah anda  Buka aplikasi Facebook, Anda akan menemukan tombol atau menu Create Room. Klik menu tersebut.  Atau anda dapat klik icon CREATE NEW ROOM dipojok kanan bawah browser anda.

Membuat Room Video Conference Baru
Membuat Room Video Conference Baru

#3 Memulai Video Conference

Anda dapat memulai video conference dengan klik tombol Join As…. Kemudian setelah halaman room anda tampil klik menu See Call Participants, kemudian muncul jendela pop-up baru.

Join New Room
Join New Room

#4 Mengunci Room yang anda buat

Untuk keamanan dan privacy, anda dapat mengunci room anda dengan cara klik tombol Lock Room.

Mengunci Room anda Agar Aman
Mengunci Room anda Agar Aman

#5 Copy Link Room yang anda buat dan bagikan pada teman facebook yang anda inginkan untuk bergabung

Untuk memulai video conference bersama beberapa orang teman anda, silahkan anda copy link room anda dan bagikan pada teman-teman yang anda inginkan untuk bergabung. Anda dapat mengundang hingga 50 orang (termasuk diri anda) untuk bergabung dalam Room yang anda buat.

Copy Link Room anda bagikan ke orang yang ingin anda Undang
Copy Link Room anda bagikan ke orang yang ingin anda Undang

#5 Mengakhiri Video Conference

Setelah anda selesai melakukan video conference via Facebook, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan meng-klik tombol setting – >End Room.

Mengakhiri Video Conference Room
Mengakhiri Video Conference Room

Demikian cara mudah untuk melakukan video conference dengan aplikasi facebook. Semoga bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *