Cara Setup dan Setting SIM Card Lock untuk Android Lebih Aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak ketiga atau pihak lain yang tidak seharusnya.

Smartphone Android saat ini sudah hampir menjamur kemana-mana, di daerah perkotaan misalnya, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan kota-kota lain di setiap rumaah terutama ada yang pegawai kantoran atau pelajar SMU keatas biasanya terdapat minimal 1 buah Smartphone Android.

Kalau kami menyebut Smartphone Android itu bisa macam-macam dari berbagai merek mulai Xiaomi, Sony, Samsung, LG, Huawei dan banyak sekali merek lokal. Nah kami akan mencoba memberikan sedikit tips keamanan extra yaitu dengan cara Enable SIM Card Lock.

Fungsi dasar dari SIM Card Lock adalah agar supaya ketika Smartphone Android pertama kali dinyalakan dia tidak akan langsung aktif ke Jaringan (Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, 3 dan lainnya).

Nah cara kerjanya sederhana, ketika Smartphone Android kita dinyalakan Power On atau sehabis restart setelah proses booting selesai nanti sebelum masuk ke Interface dari Android dan mencoba akses jaringan data nanti pengguna akan diminta untuk memasukkan SIM Card Lock, nah kalau ternyata Card Lock yang dimasukkan salah maka Android tidak akan di ijinkan untuk Akses Jaringan. Simpel kan.

Cara Setup dan Setting SIM Card Lock

  1. Tergantung Smatphone Android kalian, biasanya letak di setting dari SIM Card ini berbeda, tapi pada umumnya langkah pertama masuk ke menu Settings. Cara mudah masuk ke menu ini adalah lewat Notification dan cari Icon berbentuk Gear.

    Masuk Menu Settings lewat Notification
    Masuk Menu Settings lewat Notification
  2. Kemudian langkah kedua jika Smartphone Android kalian mendukung pencarian menu di Setting silahkan ketikkan SIM nanti akan muncul beberapa hasil yang berhubungan dengan SIM ini
  3. Khusus di Xiaomi dengan MIUI (dalam hal ini MIUI 8) untuk akses menu ini urutannya adalah Settings > Additional Settings > Privacy > SIM Lock
    MIUI 8 Additional Settings
    MIUI 8 Additional Settings

    Menu Privacy MIUI 8
    Menu Privacy MIUI 8
  4. Kemudian nanti akan muncul menu Lock SIM card dan silahkan di enable saja, ketika aktifkan pertama akan ditanya SIM PIN, untuk default PIN silahkan tanyakan profider kalian, biasanya antara 1111 atau 1234.
    Enable SIM Card Lock MIUI 8
    Enable SIM Card Lock MIUI 8

    Ingat jangan coba2 untuk test masukkan asal. Karena ketika 3 kali mencoba dan gagal, SIM akan otomatis di Block dan tidak bisa digunakan sebelum datang ke Customer Service dari Operator kalian.

  5. Setelah sukses silahkan aktifkan dan selesai.

Semoga bermanfaat dan Cara Enable SIM Card Lock Android ini bermanfaat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

2 thoughts on “Cara Setup dan Setting SIM Card Lock untuk Android Lebih Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *