Cara Share Screen Perangkat Android ke PC Windows 11

Screen mirroring atau share screen atau memproyeksikan layar smartphone android ke layar monitor PC atau laptop kerap kali kita lihat saat para gamer membuat video permainan dan mereka upload ke akun youtube gamer tersebut. Cara ini tentu akan membantu kita untuk melihat tutorial atau yang di lakukan di smartphone dan perangkat android lainnya menjadi lebih memuaskan, karena ukuran layarnya yang lebih lebar.

Cara Share Screen Android Ke PC Windows 11
Cara Share Screen Android Ke PC Windows 11

Nah bagi anda yang ingin melakukan hal yang sama, anda dapat dengan mudah melakukannya. Anda dapat melakun share screen layar smartphone android anda ke layar monitor dan kemudian menampilkannya ke layar projector. Hal ini akan sangat membantu ketika anda sedang mempresentasikan project anda dalam sebuah seminar atau pelatihan dari smartphone.

Dan kali ini kita akan berbagi tips bagaimana anda melakukan share screen dari smartphone dan perangkat android lainnya ke PC dektop atau laptop yang menjalankan sistem operasi Windows 11. Caranya sangatlah mudah dan anda tidak membutuhkan aplikasi tambahan dari Google Play sebagaimana anda lakukan sebelumnya.

Namun untuk memastikannya, anda harus memastikan jika PC dekstop anda memiliki koneksi Wifi, anda bisa membeli wifi dongle untuk itu karena kita akan menjalankan dan menghubungkan perangkat android dengan komputer melalui koneksi wifi dan juga pastikan komputer anda mendukung miracast.

Cara Setting Komputer Windows 11 untuk Menjalankan Share Screen dari Perangkat Android

  1. Buka pengaturan di komputer Windows 11 anda, atau anda bisa menekan tombol Windows + I secara bersamaan.
  2. Selanjutnya dikolom sebelah kiri klik menu Aplikasi di kolom kiri.
  3. Dan klik menu Fitur opsional (Optional Features) di kolom bagian kanan.
  4. Scroll ke bawah ke opsi Wireless Display, pilih kotak centang di sebelahnya, dan klik tombol Next. (namun jika anda tidak menemukan opsi ini, silahkan klik menu Add an Optional Features, kemudian cari Wireless Display, silahkan anda tambahkan terlebih dahulu.
  5. Pada layar berikut, klik tombol Install.

Setelah itu, Windows 11 akan secara otomatis mengunduh dan menginstal file yang diperlukan untuk mengaktifkan fitur Wireless Display di komputer Anda.

Setelah anda menginstal dan mengaktifkan Wireless Display pada komputer Windows 11 Anda, selanjutnya anda melakukan pengaturan di smartphone android anda.

Cara setting di Perangkat Android untuk Share Scree ke PC Windows 11

Untuk mentransmisikan atau share screen dari smartphone Android ke PC Anda, Anda perlu memastikan bahwa kedua perangkat dikonfigurasikan dengan benar dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama untuk dapat saling terhubung. Selanjutntya silahkan ikut langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka kembali pengaturan. Kemudian, gulir ke bawah dan klik opsi ‘Memproyeksikan ke PC ini/Projecting to this PC’.
  2. Di bawah memproyeksikan ke PC ini, klik satu tarik-turun pada satu waktu dan pastikan Anda memilih semua opsi yang dipilih pada tangkapan layar di bawah:
  3. Klik pada opsi Luncurkan aplikasi Wireless Display to project to this PC.
  4. Langkah berikutnya adalah Selanjutnya, jika Anda mencoba menggunakan fitur Tampilan Nirkabel di laptop/PC, Anda harus mematikan sakelar ‘PC ini dapat ditemukan hanya untuk proyeksi saat dicolokkan ke sumber daya’.

Setelah itu, Anda akan melihat jendela tampilan wireless di layar smartphone Anda dengan pesan, Nama PC Anda siap untuk Anda sambungkan secara nirkabel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *