Cara Terhindar Dari FRP Saat Reset Ulang Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Terhindar Dari FRP
Cara Terhindar Dari FRP

Melakukan reset ulang ponsel merupakan hal biasa pengguna lakukan. Hal ini biasanya jika Anda mengalami error atau masalah sistem yang tidak bisa terselesaikan dengan cara-cara yang biasa. Reset ulang berarti mengembalikan setelan ponsel Anda ke pabrik seperti layaknya Anda membeli ponsel baru. Kendati begitu, Anda juga tidak diperkenankan melakukan reset ulang terlalu sering karena akan memberikan pengaruh besar terhadap penyimpanan internal ponsel Anda.

Cara Terhindar Dari FRP Saat Reset Ulang
Cara Terhindar Dari FRP Saat Reset Ulang

image source

Reset ulang berarti menghapus semua setelan maupun data yang ada pada ponsel Anda. Ponsel jadi lebih nyaman, bersih dari berbagai macam bug aplikasi yang membuat ponsel jadi lemot dan kinerjanya kurang baik. Anda dapat melakukannya dengan mudah langsung dari ponsel Anda. Anda dapat melakukan backup data terlebih dahulu agar ketika Anda melakukan reset ulang, Anda tidak kehilangan data apapun dan bisa mengembalikannya seperti semula.

Nah, sekarang yang menjadi masalah adalah munculnya kode FRP (Factory Reset Protection) ketika Anda selesai melakukan reset pabrik. Jika Anda mengalami masalah ini, maka tidak mudah bagi Anda untuk menyelesaikannya. Untuk itu, sebelum Anda terlilit dengan FRP ini setelah melakukan reset pabrik atau factory reset, ada baiknya bagi Anda untuk menghindari agar bisa terlepas dari FRP setelah Anda melakukan reset pabrik.

Tidak semua ponsel mendukung fitur FRP ini, kecuali ponsel Anda yang telah menggunakan Android 5.1 atau yang lebih baru. Apalagi ponsel keluaran terbaru yang rata-rata sudah menggunakan Android 9 atau 10. Sekarang ini sudah banyak pabrikan ponsel telah mengaktifkan fitur ini secara default pada ponsel andalan mereka dalam upaya untuk menambah keamanan perangkatnya. Terutama jika Anda kehilangan akses pada ponsel Anda. Dengan ini, maka orang lain tidak bisa sembarangan bisa melakukan reset pabrik terhadap ponsel itu sendiri.

Lantas, bagaimana jika ponsel tersebut milik Anda sendiri dan tiba-tiba error? Nah, jika Anda ingin merest ulang, maka ada hal penting yang harus Anda lakukan agar bisa dengan mudah melewati FRP saat reset ulang selesai.

Cara Terhindar Dari FRP Saat Reset Ulang Ponsel Android Anda

Anda dapat menerapkan langkah ini jika Anda ingin bisa dengan mudah melewati fitur FRP setelah Anda melakukan reset ulang ponsel Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi memasukkan akun Google Anda untuk bisa menggunakan ponsel Anda kembali. Jadi Anda bisa kemudian memasukkan akun Google saat Anda sudah siap melakukannya. Artinya Anda dapat dengan mudah menggunakan akun Google yang sama ataupun menggantinya dengan akun yang lain.

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah Menghapus Semua Akun Google yang ada pada ponsel Anda terlebih dahulu sebelum Anda melakukan reset ulang ponsel Anda.

1. Pergi ke Pengaturan Sistem, lalu pilih Pengguna & Akun.
2. Pilh Google, kemudian hapus semua akun yang ada pada ponsel Anda.
3. Selanjutnya Anda sudah bisa melakukan reset ulang ponsel Anda tanpa khawatir muncul FRP.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.