Cara Test Semua Fungsi Dan Sensor Smartphone

Smartphone atau ponsel cerdas adalah perangkat komputasi yang multiguna, banyak hal yang dapat pengguna lakukan dengan perangkat ini. Sehingga tidak bisa kita pungkiri bahwa perangkat ini menjadi salah satu kebutuhan manusia saatini. Saking cepatnya pertumbuhan zaman saat ini, sensor yang tertanam pada smartphone pun semakin banyak. Sehingga perangkat tersebut menjadi sangat membantu pekerjaan manusia. Oleh karena itu terkadang pengguna perlu untuk melakukan test semua fungsi dan sensor pada perangkat mereka. Hal ini karena jika salah satu fungsi atau sensor rusak maka akan sedikit mengganggu pengguna smartphone.

Cara Test Semua Fungsi Dan Sensor Smartphone
Cara Test Semua Fungsi Dan Sensor Smartphone

Sensor pada smartphone sendiri merupakan alat yang biasanya berfungsi untuk mengukur,menganalisa atau memantau suatu kondisi dan merespon terhadap perubahan pada sekitar.

Kategori Sensor Pada Smartphone :

Sensor sendiri terbilang cukup banyak jenisnya,  namun untuk kategorinya sensor yang umum dibedakan menjadi tiga. Yang pertama ada sensor gerak atau motion sensor, sensor ini mengukur kekuatan akselerasi dan rotasi sepanjang tiga sumbu. Biasanya sensor tersebut meliputi gravitasi, gyroscope dan rotasi vektor. Kemudian kategori kedua ada sensor lingkungan atau yang biasa kita sebut Environmental sensor. Sensor tersebut berfungsi mengukur berbagai parameter keadaan sekitar. Contoh sensor ini pada smartphone ada barometers,photometers dan thermometers. Kategori ketiga ada sensor posisi, sensor tersebut memiliki fungsi untuk mengukur posisi fisik perangkat.

Kenapa Melakukan Test Fungsi Dan Sensor Pada Smartphone Penting?

Pada suatu kondisi memang sangat penting melakukan test fungsi atau sensor pada smartphone. Biasanya kondisi tersebut ketika kita hendak membeli smartphone bekas. Dengan melakukan pengujian tersebut kita menjadi tau apakah layak atau tidak kita membeli smartphone bekas tersebut. Semisal kita lengah tidak melakukan pengujian tersebut nantinya kita akan merugi. Karena harus kembali meluangkan uang kita untuk service perangkat tersebut.

Oleh karena itu, untuk melakukan test tersebut saya merekomendasikan sebuah aplikasi bernama Device Checker *SAM* (Phone and tablet testing). Pada aplikasi ini tersedia sekitar 28 Test yang dapat anda jalankan ketika hendak membeli smartphone bekas. Sehingga nantinya anda tidak dapat mudah tertipu ketika membeli smartphone bekas. Aplikasi ini sendiri adalah aplikasi buatan developer trunghieu_tnt. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut lewat Play Store. Nah untuk anda yang ingin mengetahui cara menjalankan aplikasi tersebut, anda dapat menyimak tutorial berikut ini.

Cara Test Semua Fungsi Dan Sensor Smartphone Dengan Aplikasi

  • Setelah anda mengunduh aplikasi tersebut lewat Play Store, tekanlah tombol buka1
  • Selanjutnya pilih test yang anda inginkan, saya anjurkan mulai dari yang nomor 1 untuk mengetahui sensor berfungsi semua atau tidak.2
  • Karena sudah melakukan test bluetooth, saya mencoba test Sim Card. Tekan tombol Check3
  • Kemudian akan muncul notifikasi pengecekan, tunggu sebentar4
  • Setelah status checking tadi selesai dan tidak ada notifikasi gagal, maka test berhasil dan tidak ada masalah. Tekanlah tombol Pass, lakukan cara tersebut berulang pada test lainnya.5 

Selain menggunakan aplikasi ini sebenarnya ada sebuah alternatif lain yakni menggunakan kode rahasia pada smartphone. Tapi sayangnya kode ini terkadang tidak berfungsi pada sebagian smartphone. Caranya pengguna dapat membuka aplikasi panggilan atau call yang biasa kita gunakan untuk memasukkan nomor. Kemudian ketikkan *#0*# dan akan muncul beberapa pengujian yang dapat pengguna gunakan. Tapi berbeda dengan aplikasi tadi, pengujian ini tidak lengkap. Jadi saya anjurkan anda menggunakan aplikasi Device Checker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.