Chat, Aplikasi Kirim Pesan Google Pengganti SMS Siap Diluncurkan

Meski sudah memiliki sejumlah aplikasi berbagi pesan, Google ternyata masih memiliki amunisi baru di sektor tersebut, yang kali ini ditujukan sebagai pengganti SMS sekaligus saingan iMessage dari Apple.

Chat
Chat

Diketahui layanan ini bernama “Chat”. Berbeda dengan aplikasi pesan instan lain, Chat ditujukan sebagai alternatif SMS pada perangkat Android. Google pernah membuat platform serupa, yakni Allo. Namun proyek ini dihentikan sementara, dengan dirilisnya Chat.

Mekanisme kerja Google Chat serupa dengan iMessage. Chat, mengadopsi sistem Rich Communication Service (RCS) di mana sistem ini merupakan pengembangan dari SMS dengan sejumlah penambahan kemampuan. Namun, itu akan tergantung operator seluler untuk mengaktifkan layanan dan tidak menawarkan pesan terenkripsi. Sistem baru telah dikembangkan selama beberapa tahun, tetapi sekarang mulai muncul di ponsel Android.

Meski begitu, Apple selaku penyedia iOS tidak termasuk dalam perusahaan yang mendukung RCS dan memilih untuk menggunakan standar lain. Saat ini, RCS sudah didukung oleh 55 operator telekomunikasi, 11 OEM (original equipment manufacturer), dan dua distributor sistem operasi, yaitu Google dan Microsoft.

Nantinya, fitur dari Chat akan tersedia di aplikasi Android Messages dan membutuhkan sejumlah sinkronisasi untuk diakses dari perangkat non-ponsel. Mirip dengan iMessage, user akan menggunakannya untuk mengirim teks singkat.

Tantangan inilah yang perlu dipecahkan oleh Google, sehingga membuat Chat sebagai layanan messaging alternatif. Dengan sifatnya yang lebih universal, Chat diharapkan bisa bersaing dengan aplikasi pesan instan yang penggunanya terus meningkat pesat.

Kendati demikian, Google belum memberi keterangan, kapan layanan ini akan mulai disebarluaskan. Kemungkinan layanan ini akan diluncurkan bersamaan dengan perhelatan besar Google I/O beberapa waktu mendatang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.