Ciri-ciri Ponsel Android yang Kena Virus dan Malware

Bagi Anda pemilik smartphone berbasis Android, sudah pasti sehari hari menggunakan perangkat yang satu ini kan? Namun sadarkah Anda, jika ternyata smartphone mu terkena virus? Bagaimana mengenali ciri ciri sebuah smartphone yang terjangkit serangan virus atau malware? Cara mencegah dan mengatasinya?

cara mengatasi android yang terkena malware

Tentu hal ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa saja jika tidak diantisipasi bisa berakibat fatal dan merugikan Anda. Nah untuk mengenali ciri ciri sebuah smartphone terkena malware atau virus, berikut sedikit panduannya untuk mengetahui kondisi smartphone tersebut.

Ponsel mati tiba tiba
Jika Anda sedang asyik menerima panggilan telpon, dan tiba tiba ponsel mati tanpa sebab yang jelas, bisa saja ini merupakan tanda bahwa ponsel tersebut terkena malware. Namun masih ada beberapa kemungkinan jika ponsel mati tiba tiba, seperti baterai sudah ngedrop, jaringan operator yang buruk, dan pulsa habis. Namun jika semua kemungkinan tersebut tidak ada, maka bisa dipastikan ponsel tersebut sudah terkena malware.

Kinerja ponsel semakin melambat
Jika ponsel Anda masih dalam kondisi bagus dan masih terbilang baru, namun kinerjanya sudah payah dan lambat, meskipun Anda tidak memasang aplikasi yang aneh aneh dan juga spesifikasi ponsel cukup tinggi, namun kecepatannya tidak sebanding dengan spesifikasi tersebut, hal ini juga bisa menjadi indikasi adanya malware.

Baterai cepat habis
Jika kondisi baterai masih oke, namun cepat habis? Sebelum memutuskan bahwa kondisi baterai udah ngedrop, coba periksa dulu kemungkinan adanya malware. Jangan salah loh, malware juga mampu menjalankan aplikasi tersembunyi berupa adware, yaitu iklan yang akan tiba tiba muncul ketika Anda membuka aplikasi atau browsing. Adware semacam ini akan sangat menguras baterai karena biasanya ditampilkan dalam bentuk flash images animations.

Pemakaian data membengkak dengan drastis
Untuk mengetahui hal ini maka Anda wajib membandingkan pada rata rata pemakaian bulan sebelumnya misalnya. Jika dengan standard pemakaian yang tidak jauh berbeda dalam kurun waktu tertentu, namun penggunaan data cepat menguras pulsa, maka sudah bisa dipastikan adanya malware pada saat aplikasi ini dijalankan, seperti misalnya ketika Anda upload atau download sesuatu.

Dari beberapa kondisi diatas, maka ada beberapa langkah sederhana yang diyakini bisa mengurangi aktivitas malware pada ponsel tersebut, diantaranya adalah:

  • hapus aplikasi yang menurut feeling Anda menjadi salah satu penyebab munculnya malware pada ponsel Android
  • reset ulang ponsel, atau bila perlu format dan install ulang OS yang ada pada ponsel tersebut.

Mudah mudahan dari beberapa kondisi dan tips diatas bisa menjadi acuan untuk lebih berhati hati dalam memasang sebuah aplikasi pada ponsel Android Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.