Filter Pencarian Baru Hadir di Google Play Store, Begini Cara Menggunakannya!

Google akhirnya merilis fitur baru yakni sebuah filter pencarian baru pada Google Play Store. Hal ini berguna untuk membuat pemasangan aplikasi dalam berbagai perangkat menjadi lebih mudah diakses.

Filter Pencarian Pada Google Play Store
Filter Pencarian Pada Google Play Store – image source

Melansir dari 9to5Google melihat perubahan ini pertama kalinya pada hari Jumat kemarin. Namun fitur baru ini masih belum jelas kapan akan meluncur secara global ke Play Store. Melalui fitur ini, katika Anda sedang mencari aplikasi, maka Anda dapat memilih jenis perangkat yang ingin Anda filter. Karena kita ketahui bahwa tidak semua aplikasi dapat mendukung atau support dengan perangkat tertentu.

Cara menggunakan fitur ini adalah filter ini hanya akan muncul setelah Anda melakukan pencarian. Anda dapat melihat pada bagian bawah bagaimana hasil pencarian tersebut berubah. Misalnya pada gambar berikut ini pencarian untuk YouTube Music ketika “Watch” Anda pilih, menunjukkan Spotify sebagai aplikasi alternatif yang kompatibel dengan Wear OS.

Demikian pula, jika Anda memiliki salah satu TV Android terbaik atau Chromecast dengan Google TV, opsi ini juga akan muncul pada dialog untuk aplikasi yang kompatibel.

Filter baru membuatnya sedikit lebih mudah untuk menemukan aplikasi baru yang kompatibel dengan perangkat yang Anda gunakan. Sebenarnya pada Wear OS juga bisa Anda lakukan pencarian aplikasi, hanya saja hal itu kurang detail dan efisien. Selain itu, kehadiran filter ini juga menyoroti kemampuan Play Store untuk mendorong aplikasi ke perangkat Wear OS dan Android TV sambil membantu pengembang dengan membuat aplikasi mereka lebih mudah ditemukan.

Perubahan itu terjadi tak lama setelah desain ulang situs Web Google Play Store terlihat dengan deretan chip untuk memfilter aplikasi berdasarkan perangkat yang tertaut.

Nampaknya Google Play Store juga akan mulai menampilkan ulasan khusus perangkat mulai awal tahun nanti. Tak hanya itu, Google juga menggoda fitur ini sejak bulan Agustus sebagai cara bagi pengguna untuk melihat ulasan yang lebih relevan berdasarkan perangkat yang mereka gunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pengalaman khusus perangkat.

Ini merupakan salah satu cara yang Google hadirkan untuk memudahkan pengembang dalam menargetkan peningkatan aplikasi pada jenis perangkat yang berbeda. So, Anda sekarang dapat mengecek melalui aplikasi Play Store pada perangkat Anda masing-masing. Hal ini untuk mengetahui apakah fitur filter ini sudah rilis secara global atau masih bertahap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.