Fingerprint VS Face Recognition, Mana Yang Terbaik?

Di sepanjang tahun 2017, teknologi smartphone disajikan keamanan baru berbasis sensor biometrik sidik jari. Sensor ini dengan cepat diadaptasi oleh banyak produsen smartphone hingga akhirnya ada di seluruh smartphone terbaru yang rilis pada tahun 2017 hingga saat ini kebanyakan smartphone masih menggunakan keamanan tersebut.

Fingerprint
Fingerprint

Fingerprint atau sidik jari menawarkan keamanan dan kepraktisan yang lebih baik dari hanya sekadar password konvensional berupa PIN atau pattern, sensor sidik jari atau fingerprint kini sudah mulai dapat saingan dipenghujung tahun 2017 ini, apalagi kalau bukan face recognition atau keamanan berbasis sensor pengenalan wajah.

Bahkan saat ini Apple berani melenyapkan sensor fingerprint (Touch ID) yang sudah dipakai bertahun-tahun, menggantinya dengan sensor pemindai wajah (Face ID) yang diklaim lebih canggih dan aman pada iPhone X.

Selain iPhone X, beberapa smartphone Android yang sudah menganut sistem keamanan face recognition atau face unlock, antara lain OPPO F5 series, Vivo V7 series, LG Q6, LG V30, Samsung Galaxy S8 dan Note 8, dan sederet smartphone lainnya.

Kesimpulannya adalah dilihat dari segi keamanannya, face recognition atau pemindai wajah memiliki peringkat pertama dibandingkan dengan sensor sidik jari, tetapi dari segi kepraktisan dan familiarnya masih lebih familiar sidik jari, karena penggunaannya lebih mudah yaitu hanya sekedar menempelkan jari kita, maka smartphone sudah bisa kita gunakan. Jadi saat dalam perjalanan pun akan lebih mudah mengaksesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.