Fitur Nearby Share Kini Sudah Bisa Dinikmati Oleh Pengguna Android

Fitur Nearby Share kini sudah resmi dihadirkan untuk Android, walaupun saat ini hanya beberapa perangkat saja yang bisa menikmatinya. Akan tetapi dalam beberapa bulan kedepan, Google berjanji akan menghadirkan fitur ini untuk semua perangkat Android.

Saat ini hanya perangkat Pixel dan Samsung saja yang bisa menikmati layanan Nearby Share. Fitur Nearby Share yang memiliki kemampuan yang sama dengan AirDrop yang sudah lebih dulu hadir pada perangkat Apple. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk saling berbagai macam file, mulai dari video, gambar, maupun konten lain.

Cara Menggunakan Fitur Nearby Share
Cara Menggunakan Fitur Nearby Share

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Sebenarnya cara menggunakannya pun cukup mudah. Hanya saja jika kamu ingin menggunakan fitur ini, kedua perangkat tersebut harus sudah sama-sama mendukung layanan Nearby Share ini. Sehingga kamu bisa saling bertukar file antar perangkat yang terjangkau.

Fitur ini nantinya akan memanfaatkan metode apa pun yang tersedia di perangkat kamu agar file dapat diterima dengan cepat. Jadi, metode yang dimanfaatkan mulai dari Bluetooth, Bluetooth Low Energy, hingga WebRTC atau peer-to-peer Wi-Fi.

Cara Menggunakan Fitur Google Nearby Share di Android

  1. Pertama, pastikan Bluetooth aktif dan GPS juga diaktifkan. Lalu masuk pada Pengaturan => Device Connection, kemudian pilih aktifkan Nearby Share.
  2. Dalam kondisi Nearby Share aktif, buka file apapun yang ingin kamu kirim. Misalnya foto, video atau file dokumen, kemudian pilih Share, lalu pilih Nearby Share.
  3. Pastikan kedua perangkat yang akan melakukan proses transfer berada dalam jangkauan dan sama-sama sudah mendukung fitur Nearby Share.
  4. Nama perangkat akan muncul di layar, tinggal pilih perangkat mana yang dituju. klik Send/Kirim.

Maka, perangkat yang mengirim akan menampilkan tulisan Sending, sedangkan perangkat yang menerima akan tulisan Receiving. Dan yang perlu kamu ingat! Jika seseorang berusaha mengirimkan file ke smartphone kamu, maka akan ada notifikasi “Accept” yang harus kamu sentuh sebagai bentuk persetujuan atas transfer file yang kamu lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *