Google Foto Tidak Mencadangkan Semua Foto Anda, Begini Cara Mengatasinya!

  • Bagikan
Cara Mudah Mengecek Pencadangan Google Foto
Cara Mudah Mengecek Pencadangan Google Foto

Anda mungkin masih bingung tentang status pencadangan Google Foto pada ponsel Anda. Secara default, Google Foto saat ini memang mencadangkan semua foto yang tersimpan pada galeri ponsel Anda. Akan tetapi apakah semua ini sudah pasti. Anda mungkin akan sedikit ragu terhadap pengaturan default Google Foto pada setiap ponsel.

Cara Mudah Mengecek Pencadangan Google Foto
Cara Mudah Mengecek Pencadangan Google Foto

image source

Mungkinkah Google Foto malah tidak mencadangkan semua foto yang ada pada galeri ponsel Anda? Hal ini tentunya membutuhkan kepastian yang jelas agar tidak membuat keraguan bagi Anda sebelum Anda kehilangan moment penting dalam ponsel Anda. Anda perlu mengeceknya untuk memastikan bahwa Google Foto benar-benar melakukan pencadangan secara berkala pada semua foto Anda. Sehingga Anda tidak akan kehilangan satu moment pun walaupun Anda sudah tidak memiliki akses pada ponsel Anda.

Anda masih bisa mendapatkan semua foto Anda pada Google Foto. Nah untuk memastikan semua Google Foto melakukan tugasnya dengan baik, maka penulis akan memberikan langkah untuk mengecek status pencadangan Google Foto pada galeri Anda. Karena pencadangan ini akan mengambil dari foto yang masuk pada galeri Anda.

Baca juga: Begini Cara Transfer Foto dan Video Facebook ke Google Foto

Cadangan Google Foto: Cara Mengonfigurasi Untuk Semua Aplikasi

Secara default, Google Foto mencadangkan semua foto dan video yang Anda rekam melalui ponsel cerdas Anda. Kualitas cadangan Foto Google tersebut dapat bervariasi tergantung pada perangkat atau pengaturan pribadi Anda. Akan tetapi Anda perlu mematikan fitur ini secara manual untuk menghentikannya.

Namun, ada banyak foto dan video lain yang datang melalui perangkat Anda selain yang Anda ambil melalui kamera. Misalnya foto yang datang dari aplikasi pihak ketiga, seperti WhatsApp, Instagram, dan lainnya. Perlu Anda ketahui, Google “menjeda” pencadangan otomatis untuk aplikasi pihak ketiga berkat pandemi COVID-19. Ia bahkan memberlakukan moratorium pada backup foto dari aplikasinya sendiri, seperti Messages.

Karena itu, Anda mungkin telah meminta Google Foto untuk mencadangkan media dari berbagai sumber, jadi tidak hanya pada media yang dihasilkan melalui kamera saja. Untungnya, Anda dapat mengaktifkan kembali cadangan Google Foto secara manual untuk semua aplikasi yang Anda inginkan.

Memeriksa status cadangan Foto Google Anda sangatlah mudah. Di bawah ini Anda akan menemukan petunjuk langkah demi langkah tentang cara memeriksa apa yang terjadi pada Google Foto dengan ponsel Android Anda.

Cara Memeriksa Status Pencadangan Google Foto

1. Buka aplikasi Google Foto pada ponsel pintar Android Anda.
2. Pada menu bawah, tekan tombol Library.
3. Setelah Anda masuk pada Perpustakaan, ketuk ikon Utilitas menu pada bagian atas halaman.
4. Sekarang Anda berada pada menu Utilitas. Pada bagian bawah daftar, tap “Cadangkan folder perangkat“.
5. Sekarang Anda akan melihat banyak foto. Setiap foto mewakili folder pada perangkat Anda yang memiliki gambar. Gulir daftar dan temukan satu yang Anda ingin cadangan pada Google Foto.
6. Nah, pada bagian atas laman untuk folder yang Anda pilih, Anda akan melihat tombol “Cadangkan & sinkronkan“. Alihkan menjadi “Aktif“. Maka Google Foto akan mencadangkan semua yang saat ini ada pada folder itu dan semua yang masuk ke folder tersebut di masa mendatang.

Cukup ulangi langkah-langkah di atas untuk semua folder yang Anda ingin cadangkan pada Google Foto. Sebagai rekomendasi Anda perlu memastikan cadangan Google Foto diaktifkan untuk Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dan platform media sosial populer lainnya.

Sekarang Anda baru yakin bahwa setiap foto dan video yang Anda ingin cadangkan ke drive Google benar-benar tercapai. Perlu Anda ingat bahwa cadangan Google Foto tidak lagi gratis setelah 1 Juni 2021. Semua foto dan video baru yang terupload setelah tanggal tersebut akan berlaku untuk kuota penyimpanan gratis Anda (yang saat ini adalah 15 GB pada semua aplikasi Google). Namun untuk semua media yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 akan gratis selamanya.

Anda harus rajin-rajin memeriksa penyimpanan pada drive Anda, karena jika sudah mencapai 15GB, maka Anda tidak akan bisa menyimpannya lagi.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.