Google Perkenalkan RCS, Layanan SMS Canggih Layaknya WhatsApp

  • Bagikan
Layanan SMS Terbaru di Android
Layanan SMS Terbaru di Android

Perusahaan raksasa teknologi Google kembali mencoba menghadirkan inovasi pelayanan kepada pelanggan setia mereka. Kali ini, layanan pesan singkat (SMS) bakal mengalami evolusi besar dengan dukungan teknologi RCS. Dengan cara itu, pengguna dapat menikmati pengalaman berkirim pesan, seperti WhatsApp atau iMessage, dalam fitur SMS.

Layanan SMS Terbaru di Android
Layanan SMS Terbaru di Android

Mungkin saat ini Anda sudah beralih dari SMS ke aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Line. Apa pun aplikasi pesan instan yang Anda gunakan, bisa dibilang semuanya lebih unggul dibandingkan dengan SMS. Tidak hanya biaya penggunaannya lebih murah, tetapi pesan yang dikirimkan lewat aplikasi seperti WhatsApp dan kawan-kawan memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan SMS.

RCS merupakan singkatan dari Rich Communication Services, yang artinya sebuah layanan berkomunikasi yang multifungsi. Seperti namanya, teknologi ini memungkinkan pengguna mengirimkan secara gratis pesan teks, sambungan komunikasi suara atau video, file berukuran besar, lengkap dengan pilihan emoji atau sticker, melalui fitur SMS yang tertanam dalam ponsel pintar.

Kegiatan berkirim pesan SMS telah ada sejak era Pager dan belum pernah mengalami perubahan berarti. SMS sempat mengalami sedikit perubahan kala tekonologi Multimedia Messaging Service (MMS) ditemukan. Saat itu, pengguna SMS dimungkinkan saling berkirim gambar atau suara apabila ponsel mereka terkoneksi internet. Namun pada akhirnya, aktifitas berkirim pesan melalui SMS masih dijalankan dengan cara tua seperti itu hingga sekarang.

Keuntungan yang diberikan Chat atau RCS Message
  1. Read receipts, indikator pesan yang telah terkirim dan terbaca
  2. Group text, obrolan dalam grup
  3. Intikator pengetikan, memperlihatkan tanda kalau orang lain sedang mengetik
  4. Berkirim file
  5. Kemampuan mengirim gambar dengan resolusi lebih tinggi, GIF, stiker
  6. Location sharing, kemampuan berbagi lokasi

Jika diperhatikan, fitur-fitur yang diberikan RCS cukup mirip dengan yang diberikan oleh aplikasi chat populer seperti Facebook Messenger, Telegram, atau WhatsApp, tetapi bedanya fitur dari RCS ini tersedia dalam bentuk/platform SMS. Bisa dibilang kalau Chat adalah “SMS versi modern”.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.