Google Play Service Anda Menguras Baterai, Berikut Cara Mudah Memperbaikinya!

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Google Play Service Menguras Baterai
Cara Memperbaiki Google Play Service Menguras Baterai

Google Play Service memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran fungsi ponsel Android Anda. Namun, terkadang, ada yang kedengarannya yang kurang nyaman dan menyebabkan banyak masalah terutama yang berdampak buruk pada baterai. Dalam artikel ini, penulis ingin mencoba mengidentifikasi masalah yang dapat muncul dengan Layanan Google Play, dan tindakan yang dapat Anda ambil untuk segera mengatasinya.

Cara Memperbaiki Google Play Service Menguras Baterai
Cara Memperbaiki Google Play Service Menguras Baterai

image source

Apa Itu Google Play Service?

Layanan Google Play atau Google Play Service merupakan aplikasi default yang ada pada semua ponsel Android. Aplikasi sistem ini memiliki peran utama dalam menjalankan semua aplikasi lainnya yang ada pada ponsel Android. Layanan canggih ini akan selalu mendapat pembaruan rutin, dan memerlukan banyak izin. Akan tetapi ini bukan aplikasi yang dapat Anda buka dan gunakan.

Jika Anda mencarinya dalam daftar aplikasi kemudian akan membukanya, maka Anda tidak akan pernah menemukannya. Sebagai gantinya, ini adalah paket API yang mengelola pembaruan untuk aplikasi Google (Gmail, Maps, Google Play, dll). Namun masalah yang baru-baru ini banyak melaporkan jika Google Play Service ini banyak mengurasi baterai ponsel.

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Layanan Google Play Menguras Baterai Ponsel Anda?

Alasan mengapa Layanan Google Play bisa menjadi penyebabnyya adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Layanan ini merupakan kunci utama dari aplikasi Google. Melalui layanan ini akan mengirimkan Gmail Anda ke aplikasi email, peta, dan setelan lokasi ke aplikasi pemetaan. Selain itu iklan dapat berjalan ke aplikasi berbasis iklan, dan sebagainya. Jika ponsel Anda tiba-tiba mengalami masa pakai baterai yang buruk, penyebabnya bisa jadi adalah Layanan Google Play.

Lain dari pada itu, baterai memang akan mengalami penurunan performa dari waktu ke waktu. Akan tetapi ini adalah proses bertahap, kecuali jika Anda sangat secara tiba-tiba baterai habis tiga kali lebih cepat tidak seperti biasanya.

Cara mudah untuk mengetahui apakah Layanan Google Play menguras baterai ponsel Anda adalah dengan masuk ke bagian Baterai pada aplikasi Pengaturan Anda. Seperti yang Anda lihat seperti pada tangkapan layar kiri, Anda dapat melihat status Penggunaan baterai.

Melihat Status Penggunaan Baterai
Melihat Status Penggunaan Baterai

Ini menunjukkan kepada Anda kekuatan terbesar, dan dalam kebanyakan kasus, Anda akan melihat Tampilan terdaftar berada pada urutan nomor satu. Dan yang masuk akal, mengingat itu adalah bagian perangkat Anda yang paling haus terhadap daya. Jika Layanan Google Play menggunakan lebih banyak daya daripada tampilan atau lebih banyak daya daripada sistem Android itu sendiri, berarti hal itu menunjukkan ada yang salah dan harus segera Anda atasi. Pada tangkapan layar di bawah di sebelah kanan, Anda dapat melihat daftar power hog.

Berikut Langkah-Langkah Cara Memperbaiki Google Play Service Menguras Baterai Anda

Ada sejumlah alasan mengapa layanan tersebut menggunakan lebih banyak daya daripada yang Anda inginkan. Nah, dengan begitu banyak variasi, jelas tidak ada solusi tunggal untuk menyelesaikan setiap masalah pada perangkat yang berbeda. Tapi ada beberapa hal yang bisa Anda periksa pada ponsel Anda

Pastikan Layanan Google Play Anda Versi Terupdate

Sekarang, ini mungkin terdengar kontra-intuitif, terutama jika Anda mulai memperhatikan bahwa baterai terkuras setelah pembaruan OTA Layanan Google Play. Akan tetapi terkadang Anda hanya perlu mempercepat versi Layanan Google Play Anda untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Berikut ini cara menjaga agar Layanan Google Play Anda tetap mutakhir. Jika versi OTA terbaru menyebabkan masalah, ada baiknya memeriksa apakah ada versi beta baru yang tersedia.

Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Akun Google Play

Tugas utama Layanan Play adalah mengunduh berbagai hal pada latar belakang perangkat. Hal-hal tersebut dapat berupa email Anda atau iklan aplikasi, atau pemberitahuan atau menyajikan lokasi Anda ke aplikasi yang mungkin selalu membutuhkannya. Jika perangkat Anda terhubung ke beberapa Akun Google, misalnya, karena Anda memiliki akun pribadi dan kantor atau karena Anda adalah mata-mata atau pahlawan super dengan banyak identitas, maka Layanan Google Play harus melakukan semua itu untuk beberapa akun.

Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Jika masalah baterai terkuras adalah hal terbaru, masalahnya mungkin bukan pada Layanan Google Play tetapi dengan salah satu aplikasi yang menggunakannya. Misalnya Anda baru saja menginstal, atau memperbarui aplikasi, maka coba lakukan dengan mencopot pemasangan aplikasi dan memeriksa apakah masalah tetap ada. Jika masalah baterai Anda hilang, itu adalah petunjuk yang cukup besar bahwa masalah baterai Layanan Google Play karena aplikasi pihak ketiga.

Kesalahan Sinkronisasi

Kesalahan sinkronisasi adalah ketika Google mencoba menyinkronkan data tetapi tidak dapat, namun terus mencobanya tanpa Anda memperbaikinya. Misalnya, karena tidak dapat terhubung ke server tertentu, maka layanan tersebut akan terus mencobanya sampai bisa. Masalah dengan data Anda juga dapat menyebabkan kesalahan sinkronisasi. Dengan begitu, maka Google akan melakukan fungsi lebih dari biasanya dan menyebabkan pemakaian berlebih pada baterai.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.