Ketika ditanya platform atau sistem operasi terbesar khusus untuk smartphone dan tablet, pasti tidak diragukan lagi kita akan menjawab Android. Android merupakan platform yang dikenal dengan istilah AOSP (Android Open Source Platform) milik Google. Sehingga tak mengherankan aplikasi dan layanan Google sebagian besar akan mendominasi.

Google Play Store , Cina
Google Play Store akan hadir di Cina

Namun tidak semua layanan Google dapat ditemukan secara penuh, terutama di Cina dan Rusia. Apalagi sebelumnya Google Search dilarang di Cina sejak tahun 2010 lalu. Dan untuk itu tersiar kabar jika Google berencana akan mengubah semuanya khusus untuk negeri tirai bambu tersebut.

Menurut sebuah laporan baru, Google berencana untuk meluncurkan Google Play Store di Cina pada tahun 2016 atau mungkin setelah perayaan tahun baru Cina atau yang kita kenal Imlek pada bulan Februari mendatang.

Lanjut menurut laporan tersebut, Google Play ini khusu dirancan untuk China dan tidak akan terhubung ke versi internasional, versi yang ada saat ini. Dan ini sebagai tanda kepatuhan Google terhadap undang-undang yang diterapkan Cina mengenai penyaringan – penyaringan konten dalam Play Store.

Dan apa yang akan dilakukan Google sangat mungkin, mengingat saat ini Cina merupakan salah satu negara dengan produsen smartphone terbanyak dan juga sekaligun negara dengan penduduk terbesar di dunia dan pastinya merupakan pengguna smartphone terbesar didunia.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *