Google Play Store Punya Antarmuka Baru, Begini Cara Menggunakannya!

Google kembali merilis pembaruan besar, yakni dengan mengubah antarmuka baru Google Play Store. Pembaruan ini belum secara merata Google rilis, akan tetapi pada beberapa perangkat sudah bisa menikmati tampilan baru dari Google Play Store tersebut.

Antarmuka Baru Google Play Store
Antarmuka Baru Google Play Store

image source

Sebelumnya Google sudah melakukan uji coba terhadap sejumlah pengguna Android dan responnya cukup positif dan banyak yang menyukainya. Dan saat ini Google akhirnya secara resmi memperkenalkan tampilan baru Play Store ini walaupun tidak secara Global. Akan tetapi biasanya dalam waktu dekat ini Google akan segera merilisnya secara global pada seluruh pengguna Android.

Antarmuka Baru Google Play Store dan Cara Menggunakannya

Antarmuka (user interface, UI) Play Store kini tampak lebih bersih dan terkesan premium, berdasarkan pada Material Design yang sudah perusahaan ungkap pada saat Google I/O tahun lalu. Perubahan pertama yang paling menonjol adalah warna hijau action bar mulai dihilangkan, dan kini semua UI Play Store mendominasi warna putih.

Jika Anda melihat Google Play Store pada ponsel Anda hari ini, Anda mungkin memperhatikan beberapa hal telah berubah sedikit. Versi baru antarmuka telah muncul untuk sejumlah kecil pengguna selama seminggu terakhir ini. Akan tetapi tampaknya diluncurkan lebih cepat sekarang. Pergeseran kecil ke UI ini menghilangkan menu hamburger atau lebih dikenal (tiga bilah horizontal yang dulunya berada pada bagian samping kiri kolom pencarian bagian atas). Sebagai gantinya Anda dapat mengetuk ikon profil Google Anda yang berada tepat pada samping kanan atas kolom pencarian.

Tampilan Logo Profil
Tampilan Logo Profil

image source

Anda juga akan mengetahui jika UI yang baru ini dapat melihat ikon lonceng sebagai notifikasi ketika Anda mengetuk logo profil. Ikon lonceng tersebut akan muncul pada sebelah kiri foto profil Anda jika Anda memiliki notifikasi yang belum Anda baca. Namun jika tidak ada notifikasi, maka ikon lonceng tersebut akan hilang atau tidak akan muncul lagi.

Cara Membuka Menu Pengaturan Pada Google Play Store

Nah, Untuk membuka item yang sebelumnya ada pada menu hamburger tersebut, cukup ketuk gambar foto profil Anda pada bagian kanan atas. Maka, dari sini Anda akan membuka semua menu yang berkaitan dengan Google Play Store. Mulai dari Aplikasi, Game, Metode Pembayaran, Notifikasi dan semua menu-menu lainnya menjadi satu dalam halaman ini. Selain itu, pada menu tersebut juga lebih rapi dan fokus pada item-item tertentu. Anda bisa melihat secara langsung perbedaan antarmukanya pada gambar ini.

Perbedaan Antarmuka Baru dan Lama
Perbedaan Antarmuka Baru dan Lama

image source

Selain itu, Anda juga dapat melihat tampilan baru pada bagian bawahnya, yakni terdapat 4 Tab pilihan yang bisa Anda akses dengan mudah. Diantaranya adalah:

Game: Tab ini berisi semua aplikasi yang berkaitan dengan game.
Aplikasi: Berisi semua aplikasi yang tidak ada kaitannya dengan game.
Film: Melalui tab ini, Anda bisa menonton semua film yang tersedia pada Play Store.
Buku: Untuk koleksi buku, Anda bisa mendapatkannya melalui Tab ini.

Untuk mengakses Setting/Pengaturan, letaknya berada pada bagian bawah setelah Anda mengetuk logo profil. Di dalam Pengaturan, hal-hal dibagi sedikit lebih jelas sekarang, dipecah menjadi item yang dapat diperluas untuk bagian Umum, Kontrol Pengguna, Keluarga, dan Tentang. Secara lebih detail pengelompokan tersebut berisi:

Umum, terdapat beberapa pengaturan mulai dari akun, update aplikasi otomatis dan juga preferensi lainnya.
Kontrol Pengguna, berisi pengaturan Autentikasi pembelian, sidik jari yang bisa Anda gunakan saat akan melakukan pembayaran melalui Google play Store.
Keluarga, Didalamnya terdapat kontrol orang tua, dan juga panduan orang tua dalam memberikan akses Google Play Store kepada anak-anaknya.
Tentang, Anda bisa melihat versi build Play Store, dan juga sertifikasi perangkat yang Anda gunakan.

Cara Mendapatkan Antarmuka Baru

Karena Google merilis UI yang baru ini secara bergelombang. Anda dapat memaksa pembaruan pada beberapa ponsel berbeda dengan menginstal versi terbaru Play Store melalui APK. Adapun versi yang pengguna saat ini gunakan adalah Google Play Store Versi 24.7.20-21 (0) [PR] 366188017.

Terakhir, pada hasil pencarian mendapat perubahan kecil sedikit lebih kuat. Salah satunya dapat menyoroti item populer untuk hasil yang tepat dengan tangkapan layar dan info aplikasi tanpa perlu mengetuknya. Perubahan lain tampak halus, sebagian besar berfokus pada gambar yang lebih besar dan lebih menarik daripada daftar ikon aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.