Google Play Store Tidak Memperbarui Aplikasi Secara Otomatis, Bergini Cara Mengatasinya!

  • Bagikan
Google Play Store Tidak Memperbarui Aplikasi Secara Otomatis
Google Play Store Tidak Memperbarui Aplikasi Secara Otomatis

Anda tentunya pernah mengalami Google Play Store tidak memperbarui aplikasinya secara otomatis. Hal ini karena beberapa alasan yang perlu Anda rinci secara detail permasalahannya sehingga bisa kembali berfungsi normal.

Google Play Store Tidak Memperbarui Aplikasi Secara Otomatis
Google Play Store Tidak Memperbarui Aplikasi Secara Otomatis

image source

Salah satu kekurangannya adalah ketika Google Play Store tidak memperbarui aplikasi secara otomatis dapat menghambat bahkan terjadi crash pada aplikasi tertentu. Ini yang mengakibatkan Anda harus melakukan pembaruan secara manual terhadap satu persatu aplikasi melalui Google Play Store. Hal ini bisa menjadi masalah baru, jika setiap saat Anda harus memperbarui berapa banyak aplikasi yang ada pada ponse Anda.

Melakukan pembaruan adalah hal yang sangat penting untuk menjaganya tetap aman dari malware dan ancaman, hal ini tidak hanya pada aplikasi, melainkan pada sistem Android itu sendiri, Setiap pembaruan hadir dengan fitur baru dan memperbaiki sebagian besar bug yang ada. Dengan tetap mengaktifkan pengaturan untuk pembaruan otomatis aplikasi, setiap aplikasi akan diperbarui secara otomatis setiap kali pembaruan datang.

Namun, sejatinya beberapa aplikasi memang gagal memperbarui meskipun pengaturan pembaruan otomatis telah Anda aktifkan. Nah, untuk memperbaiki masalah ini, Penulis datang untuk memberikan solusi bahkan alternatif. Mari kita lihat beberapa kemungkinan perbaikan yang dapat Anda coba untuk memulihkan aplikasi pembaruan otomatis pada Google Play Store.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Memperbarui Aplikasi Secara Otomatis

1. Periksa Koneksi Internet

Hal penentu pertama kali sukses tidaknya pembaruan aplikasi adalah koneksi jaringan Internet. Baik yang bersumber dari Wi-Fi ataupun jaringan seluler. Jaringan internet yang lemat bisa menjadi penyebab pertama Google Play Store tidak memperbarui aplikasi Anda secara otomatis.

Lakukan konfirmasi bahwa jaringan Anda berfungsi dengan normal. Setelah mengonfirmasi bahwa internet Anda baik dan lancar, periksa pengaturan dalam aplikasi Play Store. Saat Anda menyetel preferensi jaringan untuk pembaruan otomatis hanya ke Wi-Fi, Play Store hanya dapat memperbarui saat koneksi Wi-Fi tersedia. Namun jika Anda menggunakan jaringan seluler, maka Play Store tidak akan memperbaruinya.

Inilah cara Anda dapat memeriksa dan mengubah preferensi jaringan Anda untuk memperbarui aplikasi secara otomatis.

1. Ketuk ikon Profil pada sudut kanan atas Google Play Store.
2. Dari menu, buka Pengaturan.
3. Arahkan ke Preferensi Jaringan => Perbarui aplikasi secara otomatis.
4. Untuk mengizinkan Play Store memperbarui setiap kali pembaruan baru tersedia, pilih Melalui jaringan apa pun.

Jika opsi ini sudah Anda aktifkan, matikan, tunggu sebentar, lalu hidupkan kembali. Ini memberi pengaturan awal yang baru yang dapat memperbaiki masalah.

2. Periksa Tanggal dan Waktu

Biasanya secara default, ponsel Android akan menerapkan pembaruan Tanggal dan Waktu secara otomatis. Namun jika Anda mengubahnya menjadi manual, bisa saja ini merupakan salah satu penyebabnya. Karena hal ini penting untuk memastikan tanggal dan waktu ponsel Anda benar. Jika salah, apalagi auto-update, bahkan Google Play Store sendiri mungkin tidak bisa Anda buka.

Pengaturan tanggal dan waktu yang salah mempersulit server Google untuk menyinkronkan dengan perangkat Anda. Jika Anda tidak ingin Play Store Anda bertindak lagi pada masa mendatang, ubah pengaturan ke otomatis.

1. Buka pengaturan ponsel Anda.
2. Masuk ke opsi Pengaturan tambahan => Tanggal & waktu.
3. Jika waktunya salah, atur ulang.
4. Setelah itu, nyalakan sakelar untuk waktu yang disediakan Jaringan (otomatis).

3. Bersihkan Cache

Google Play Store menyimpan data yang cache untuk memberi tahu Anda tentang pembaruan baru, memuat halaman lebih cepat, dan merampingkan pemrosesan. Namun, bisa juga sebaliknya.

Data cache yang terus menumpuk akan berdampak buruk pada kinerja Play Store saat tidak dihapus. Jika Play Store tidak memberi tahu Anda tentang pembaruan atau pembaruan aplikasi meskipun pengaturan pembaruan otomatis Anda aktif, cobalah dengan membersihkan cache Anda sekali.

1. Navigasikan ke Pengaturan => buka Manajemen aplikasi > Daftar aplikasi. (Android Anda mungkin memiliki nama yang berbeda untuk opsi ini.)
2. Carilah Google Play Store dari daftar aplikasi.
3. Kemudian klik Penggunaan Penyimpanan.
4. Ketuk Hapus cache dan Hapus data.

4. Copot dan Instal Ulang Pembaruan Google Play Store

Play Store adalah bagian integral dari sistem operasi Android Anda, jadi mencopot pemasangannya tidak mungkin. Anda masih dapat menghapus pembaruannya. Jika Anda belum berhasil dengan perbaikan di atas, hapus instalan pembaruan Play Store. Kemudian Anda dapat menginstal ulang pembaruan yang dapat membantu memperbaiki masalah dengan cepat.

1. Masuk ke Pengaturan ponsel Anda.
2. Buka Manajemen aplikasi => Daftar aplikasi, lalu ketuk Google Play Store dari daftar aplikasi.
3. Ketuk ikon titik vertikal pada sudut kanan atas.
4. Copot pemasangan pembaruan dengan mengetuk Copot pemasangan pembaruan.

Akibatnya, Google Play Store akan disetel ulang ke pengaturan pabriknya tetapi juga akan menghapus semua informasi pengguna.

5. Ruang Penyimpanan Ponsel Penuh

Meskipun setiap pembaruan membutuhkan koneksi internet yang solid, itu juga memakan beberapa ruang pada ponsel Anda. Akibatnya, jika ponsel Anda tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup, Play Store mungkin tidak memperbarui aplikasi Anda secara otomatis.

Ponsel Anda akan memberi tahu Anda saat ruang penyimpanan Anda hampir habis, tetapi Anda juga dapat memeriksanya secara manual.

1. Buka Pengaturan pada perangkat Anda.
2. Ketuk Pengaturan tambahan setelah menggulir ke bawah.
3. Klik pada Penyimpanan.

Semoga bisa membantu mengatasi masalah pada ponsel Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.