HarmonyOS 2.0 Meluncur, OS Baru yang Bisa Digunakan Untuk Smartphone

Huawei baru saja meresmikan kehadiran HarmonyOS 2.0, dan menariknya kali ini HarmonyOS 2.0 akan bisa digunakan untuk platform mobile. Jadi kedepannya HarmonyOS 2.0 akan menjadi sistem operasi smartphone secara global.

Dalam acara Huawei Developer Conference di Shenzen, Tiongkok, CEO Consumer Business Group Huawei Richard Yu resmi meluncurkan HarmonyOS 2.0. Versi terbaru Harmony OS ini membawa peningkatan dukungan ke lebih banyak perangkat.

HarmonyOS 2 0 Resmi Meluncur
HarmonyOS 2 0 Resmi Meluncur

Sekedar diketahui, sebelumnya HarmonyOS hanya merupakan sistem operasi yang didesain untuk lintas perangkat seperti TV dan perangkat IoT buatan Huawei. Namun saat ini, Sistem operasi ini hadir sebagai rencana cadangan Huawei jika suatu saat nanti pembatasan AS membuat mereka tidak bisa mengakses bagian-bagian penting Android. 

Dikutip dari TheVerge (10/9), di HarmonyOS 2.0 ini, Huawei mulai membuat SDK untuk versi beta kepada para pengembang. Saat ini SDK itu hanya mendukung penggunaan di smartwatch, head unit mobil, dan TV. Yang menarik adalah Huawei akan menyediakan SDK untuk smartphone pada Desember 2020.

Disisi lain, melalui laman MS Power User, Yu memastikan jika ekosistem HarmonyOS sudah siap dan Huawei akan meluncurkan smarphone pertama yang memiliki sistem operasi tersebut di 2021.

Jadi kedepan tidak hanya untuk Huawei saja, melainkan semua smartphone sudah bisa menggunakan OS ini. Jadi secara tidak langsung, HarmonyOS ini akan menjadi OS kedua setelah Android.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.