Hati-Hati! Beberapa Bahaya Sedang Mengintai Pengguna Aplikasi Zoom

  • Bagikan
Bahaya Sedang Mengintai Beberapa Pengguna Aplikasi Zoom
Bahaya Sedang Mengintai Beberapa Pengguna Aplikasi Zoom

Kebijakan WFH dan SFH akibat adanya pendemi virus corona (COVID-19) membuat aplikasi Zoom booming dan digunakan banyak orang terutama saat melaksanakan rapat secara online. Bahkan, pejabat pemerintah pun ikut juga menggunakan Zoom untuk berkomunikasi dengan jajaran menterinya.

Bahaya Sedang Mengintai Beberapa Pengguna Aplikasi Zoom
Bahaya Sedang Mengintai Beberapa Pengguna Aplikasi Zoom

Sayangnya, keamanan data di aplikasi Zoom masih sangat rentan. Pihak Zoom sendiri mengakui adanya celah keamanan dari aplikasinya tersebut dan mereka berjanji baru akan memperbaikinya dalam kurun waktu 90 hari kedepan.

The Intercept baru saja melaporkan bahwa pada aplikasi Zoom tidak terenkripsi secara end-to-end, meskipun perusahaan telah mengklaim enkripisi tersebut.

Istilah enkripsi end-to-end biasanya mengacu pada melindungi konten antara pengguna sepenuhnya tanpa akses perusahaan sama sekali, mirip dengan Signal atau WhatsApp. Seperti dilansir The Verge, Zoom tidak menawarkan tingkat enkripsi tersebut, sehingga pantas saja keamanannya diragukan.

Motherboard turut melaporkan Zoom telah membocorkan ribuan alamat email kepada ribuan orang karena email semua pengguna dianggap merupakan bekerja di perusahaan yang sama. Padahal beberapa pengguna tidak bekerja di tempat yang sama.

Hal ini membuat orang asing dapat dengan mudah mendapatkan foto, dan email hingga melakukan video call dengan ribuan pengguna tersebut.

Maka dari itu, perlu hati-hati untuk pengguna zoom terutama yang sudah memasukkan alamat email saat melakukan registrasi aplikasi zoom tersebut.

Sumber: cnnindonesia.com, wartaekonomi.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.