Hindari Kecanduan Gadget Instagram Hadirkan Fitur “User Insight”

Sama seperti Screen Time yang ada di dalam iOS 12 yang dirancang oleh Apple, Instagram juga menyematkan fitur serupa kepada semua penggunanya. Hal ini seperti yang diungkap oleh Jane Manchun saat ia menggali kode aplikasi Instagram dari Android APK.

User Insight
User Insight

Fitur terbaru yang bernama “User Insight” tersebut ternyata dapat mendeteksi para pengguna Instagram melihat waktu penggunaan instagram dalam sekali buka. Dengan fitur ini semua terlihat jelas. Jadi pengguna pun diharapkan bisa membatasi diri agar ‘tidak kecanduan’ dalam menghabiskan waktunya di depan layar ponsel untuk melihat Instagram. Dengan adanya fitur ini, Instagram pun dapat membatasi notifikasi yang masuk.

Pengguna bisa mengatur sesuai dengan keinginannya untuk menerimaa pesan notifikasi dari Instagram. Jadi tidak ada lagi notifikasi yang tidak penting muncul di layar ponsel. Fitur ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan Instagram yang sering mengganggu aktivitas lainnya. Fitur ini juga mendukung tren penggunaan ponsel pintar yang lebih sehat.

Bisa dikatakan, fitur ini mirip dengan “pengingat istirahat” yang ada di YouTube. Nantinya, setiap pengguna aplikasi juga dapat mengatur waktu pemakaian sehingga bisa mendapatkan sebuah notifikasi bahwa mereka telah menggunakan Instagram untuk batas waktu yang ditentukan sebelumnya.

Tren penggunaan smartphone yang lebih “sehat” tampaknya sudah mulai bergerak. Jadi kita pun bisa berharap bahwa penyedia aplikasi populer lainnya juga bisa menambahkan fitur serupa, meskipun oleh sebagian orang fitur ini dianggap tidak terlalu penting.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.