Ini Dia Aplikasi Pelacak Pasien COVID-19 di RI, Begini Cara Kerjanya!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan jika Indonesia akan segera meluncurkan aplikasi pelacak pasien positif Corona (Covid-19) yang bernama TraceTogether.

Aplikasi Pelacak Pasien Corona di RI
Aplikasi Pelacak Pasien Corona di RI

Aplikasi ini akan menggunakan data ponsel pengguna untuk memantau dan melacak pergerakan penggunanya. Rencananya aplikasi ini akan tersedia di Google Play Store dan App Store dalam beberapa hari ke depan, kita doakan saja ya, aplikasinya segera rampung.

Cara kerjanya adalah aplikasi ini akan tersambung ke Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, Kominfo, dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), karena data-data pasien ada di Kemenkes. Kemenkes yang akan melakukan tracing, tracking, dan fencing. Kata Johnny dalam konferensi pers online di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Johnny menambahkan bahwa para pasien yang positif COVID-19 memberikan nomor teleponnya secara sukarela untuk kemudian dihubungkan ke aplikasi.

“Berdasarkan nomor telepon itu nanti Kemenkes yang akan melakukan tracing dan penelitian dan interaksi secara langsung dengan pasien,” kata Johnny.

Dari hasil tracking dan tracing, nomor di sekitar positif COVID-19 yang terdeteksi akan diberikan peringatan untuk segera menjalankan protokol Orang Dalam Pengawasan (ODP),” pungkasnya.

Dari informasi yang kami dapat per tanggal 26 Maret 2020, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia mencapai angka 893 positif, 78 meninggal dunia, dan 35 dinyatakan sembuh.

Sumber: OKEtechno


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.