Inilah 5 Ponsel dengan Kamera Belakang Terbaik Versi DxOMark

Persaingan ponsel dengan kamera terbaik hingga kini masih sangat ketat. Huawei yang mempunyai spesifikasi impresif masih saja kokoh selalu di urutan teratas dalam ranking yang dirilis DxoMark.

Jika ingin melihat kemampuan dari kamera yang disematkan ke dalam sebuah smartphone, kita biasanya akan membuka pengujian yang dilakukan oleh DxOMark. Ya! Kita sudah tahu semua bahwa DxOMark masih jadi situs pengujian lensa yang menarik, baik yang terpasang di dalam kamera DSLR atau Mirrorless dan juga smartphone. Untuk itu, pandudroid merilis 5 kamera ponsel terbaik versi DxOMark yang wajib kamu tahu.

Huawei Mate 30 Pro (121 Poin)
Huawei Mate 30 Pro
Huawei Mate 30 Pro

Huawei Mate 30 Pro hadir dengan sususan empat kamera (quad-camera) belakang yang telah lolos pengujian DxOMark. Adapun Skor keseluruhan yang didapat dari hasil pengujian ini mencapai 121 poin.

Diurai lebih lanjut, ketika digunakan untuk memotret, empat kamera belakang yang menempel pada Mate 30 Pro berhasil mendapatkan skor 131 poin. Sementara untuk kebutuhan video recording, DxOMark menilai kamera Mate 30 Pro mampu meraih skor 100 poin. Untuk konfigurasinya adalah 40 MP dengan aperture f/1.6 sebagai lensa utama, 8 MP sebagai lensa telefoto, 40 MP sebagai lensa ultra-wide serta kamera 3D ToF.

Xiaomi Mi 9 CC Pro Premium Edition (121 Poin)
Xiaomi Mi 9 CC Pro Premium Edition
Xiaomi Mi 9 CC Pro Premium Edition

Xiaomi Mi 9 CC Pro Premium memiliki skor yang sama dengan Huawei Mate 30 Pro berdasarkan hasil pengujian DxOmark. Diketahui bahwa Xiaomi Mi 9 CC Pro ini memiliki kamera utama 1/1.33 inci 108 MP 8P (f/1.7) bukan versi bukaan lensa 7P.

Kamera ini dilengkapi dengan OIS sebagai stabilitator dan menghasilkan gambar beresolusi 27 megapiksel. Kamera utama tersebut ditemani telefoto beresolusi 12 megapiksel dengan kemampuan perbesaran 2x dan bukaan lensa f/2.0.

Samsung Galaxy Note10+ 5G (117 Poin)
Samsung Galaxy Note10 5G
Samsung Galaxy Note10 5G

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh DxOMark, Samsung Galaxy Note10+ 5G memiliki skor 117 poin, berada di bawah Huawei Mate 30 Pro dan Xiaomi Mi 9 CC Pro Premium Edition.

Samsung sendiri menyematkan empat kamera belakang ke dalam Galaxy Note10+ 5G. Kamera utama memiliki sensor 12 MP dengan aperture yang dinamis dari f/1.5 hingga f/2.4. Sementara, tiga kamera lainnya adalah adalah lensa telefoto 12 MP (f/2.1), lensa ultra-wide 16 MP (f/2.2) dan kamera 3D ToF.

iPhone 11 Pro Max (117 Poin)
iPhone 11 Pro Max
iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 Pro Max memiliki skor sama dengan Samsung Galaxy Note10+ 5G yakni dengan skor 117 Poin berdasarkan pengujian DxOMark. Berbeda dengan kompetitornya yang selalu menjual angka Mega Pixel yang besar, iPhone konsisten dengan optimalisasi software dan AI demi menghasilkan kualitas terbaik.

Sampai saat ini level tertinggi dari resolusi kamera iPhone hanyalah 12MP. Tapi kualitasnya mampu mengalahkan kompetitor lainnya yang ada di atas 32MP.

Huawei P30 Pro (116 Poin)
Huawei P30 Pro
Huawei P30 Pro

Sebelumnya DxOMark menempatkan Huawei P30 Pro sebagai kamera terbaik dari jajaran ponsel Huawei sebelum hadirnya Huawei Mate 30 Pro. Huawei P30 Pro memiliki susunan konfgurasi kamera dengan lensa utama 40 MP plus bukaan f/1.6. Sementara, tiga kamera lainnya adalah 8 MP sebagai lensa telefoto dengan sistem periskop, 20 MP dengan bukaan f/2.2 sebagai lensa ultra-wide dan kamera 3D ToF.

Itulah sebagai referensi yang perlu kamu tahu tentang kamera terbaik yang dimiliki smartphone saat ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.