Inilah 6 Cara Mendongkrak Kecepatan Ponsel Samsung Galaxy Anda

  • Bagikan
Cara Mendongkrak Kecepatan Ponsel Samsung
Cara Mendongkrak Kecepatan Ponsel Samsung

Sebagai pengguna ponsel Samsung, ada beberapa langkah yang bisa pengguna lakukan untuk mendongkrak kecepatan Ponsel Anda. Sebagai contoh, Samsung Galaxy S8 masih merupakan ponsel yang cukup cepat. Akan tetapi tidak bisa Anda pungkiri umur ponsel yang semakin tua, dan beberapa dari Anda mungkin mulai melihat penurunan kinerja.

Cara Mendongkrak Kecepatan Ponsel Samsung
Cara Mendongkrak Kecepatan Ponsel Samsung

image source

Bahkan perangkat terbaik pun mulai menunjukkan sedikit penurunan kinerja setelah bertahun-tahun Anda gunakan. Bukan hanya ahli teknologi yang mengotak-atik ponsel Anda, dan Anda dapat melakukan beberapa hal agar ponsel tetap berjalan lancar dalam jangka panjang. Nah, pada tulisan ini akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara terbaik untuk menjaga ponsel Samsung Galaxy Anda masih secepat yang seharusnya berjalan.

Inilah 10 Cara Mendongkrak Kecepatan Ponsel Samsung Galaxy Anda

1. Mengubah Mode Performa

Sebagian besar pengguna tidak memerlukan setiap bit daya pemrosesan yang dapat dihasilkan dalam sebuah perangkat. Inilah sebabnya mengapa mereka telah membuat beberapa mode kinerja atau performa untuk beradaptasi dengan kebutuhan pengguna.

Beberapa orang menginginkan masa pakai baterai yang lebih lama, sedangkan lainnya menginginkan kinerja perangkat yang lebih baik. Dan yang lainnya lagi menginginkan semua kecepatan yang bisa mereka dapatkan. Berikut cara mengubah Mode Performa pada ponsel Samsung Anda.

1. Buka Pengaturan.
2. Lalu pilih Pemeliharaan Perangkat.
3. Kemudian pilih Mode Performa => Game.

Performa Game biasanya akan meningkatkan resolusi, kecerahan, dan faktor lain yang membuat pengalaman lebih baik. Akan tetapi ini setidaknya akan mengkonsumsi daya sedikit lebih tinggi dari biasanya.

2. Menurunkan Resolusi Layar

Layar Samsung biasanya memiliki 4.262.400 piksel (2960 × 1440), yang bisa sangat membebani prosesor dan GPU. Resolusi yang lebih rendah dapat membuat perangkat Anda berjalan lebih lancar. Beruntung jika Anda memiliki handset yang memiliki opsi untuk mengurangi definisi hingga 720p.

1. Buka Pengaturan.
2. Pilih Tampilan.
3. Tekan Resolusi Layar.
4. Seret penggeser definisi ke kiri.

Selain WQHD+ (2960×1440), ada opsi untuk FHD+ (2220×1080) dan HD+ (1480×720). Semakin rendah resolusinya, semakin sedikit CPU dan GPU Anda harus bekerja. Akibatnya, perangkat Anda harus dipercepat.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Banyaknya aplikasi hanya akan menyumbat memori Anda terutama dengan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Selain itu, banyak dari aplikasi ini sering berjalan pada latar belakang, memengaruhi kecepatan dan masa pakai baterai ponsel Anda. Hapus semua aplikasi yang tidak Anda gunakan, agar kinerja ponsel bisa menjadi lebih maksimal.

1. Pergi ke pengaturan.
2. Pilih Manajer aplikasi.
3. Tekan tab Semua Aplikasi.
4. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, dan hapus instalannya.

Ada beberapa aplikasi tidak dapat Anda hapus, tetapi Anda hanya dapat menonaktifkannya.

4. Bersihkan Cache

Ada perdebatan besar tentang apakah Anda harus menghapus cache atau tidak. Bagaimanapun, tujuan dari memori cache adalah untuk membuat ponsel Anda lebih cepat. Perangkat Anda menyimpan data dari aplikasi dan situs web yang umum Anda gunakan. Mengambil informasi dari penyimpanan lokal akan menghemat waktu dan data. Dengan begitu, membersihkan memori cache akan bisa membantu mengurangi beban penyimpanan pada ponsel Anda.

1. Buka Pengaturan.
2. Pilih Pemeliharaan perangkat.
3. Tekan Optimalkan sekarang.

Ini akan menghapus memori cache, serta beberapa hal lainnya. Ingatlah bahwa perangkat akan terasa sedikit lebih lambat setelah membersihkan cache. Ini karena mengunduh ulang semua informasi yang membuat perangkat Anda tetap berjalan cepat.

5. Mengaktifkan Opsi Pengembang

Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang untuk beberapa kiat terakhir. Ini membuat banyak pengaturan tambahan terlihat oleh pengguna. Pengaturan ini memang tersembunyi karena tidak untuk konsumen umum. Akan tetapi ia menawarkan beberapa penyesuaian hebat bagi mereka yang benar-benar ingin menyesuaikan pengalaman lebih pada ponselnya. Berikut cara mengaktifkan opsi pengembang:

1. Buka aplikasi Pengaturan.
2. Pilih Tentang telepon => Info perangkat lunak.
3. Cari nomor Build dan ketuk 7 kali.

Sekarang Anda siap untuk mempelajari opsi Pengembang. Opsi ini akan muncul pada bawah Pengaturan.

6. Membersihkan Ponsel

Ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan ketika mencoba memecahkan masalah atau meningkatkan pengalaman Anda. Jika Anda sudah mencoba semuanya tetapi masih belum puas dengan hasilnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga perangkat Anda secepat mungkin adalah dengan membersihkannya, yakni melakukan reset pabrik layaknya pertama kali Anda membelinya.

Proses ini pada dasarnya membersihkan ponsel Anda dan mengembalikan perangkat lunak ke status pabrik.Jika Anda melakukan ini, maka Anda harus melalui proses penyiapan dan semua itu lagi. Ingatlah bahwa reset data pabrik akan menghapus semuanya, jadi buat cadangan semua file penting sebelum melakukan ini.

1. Masuk ke pengaturan => Pilih Manajemen umum.
2. Tekan Setel Ulang.
3. Pilih Reset data pabrik => Atur Ulang.
4. Masukkan PIN Anda.
5. Tungga hingga prose resaet berhasil.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.