Inilah 7 Cara Mengambil Screenshot Pada Ponsel Samsung Galaxy Note 10

  • Bagikan
Cara Mengambil Screeshot Pada Samsung Galaxy Note 10
Cara Mengambil Screeshot Pada Samsung Galaxy Note 10

Cara mengambil screenshot pada ponsel Samsung Galaxy Note 10 (dan 10 Plus) ternyata memiliki banyak metode. Galaxy Note 10 ini pertama kalinya meluncur pada tahun 2019 lalu dengan membawa banyak kemudahan dalam bekerja. Misalnya untuk menulis catatan penting harian, dan semacamnya. Anda tidak perlu lagi untuk membawa buku catatan manual dalam kegiatan sehari-hari.

Cara Mengambil Screenhot Pada Samsung Galaxy Note 10
Cara Mengambil Screeshot Pada Samsung Galaxy Note 10

image source

Dengan Galaxy Note 10 akan membuat segalanya menjadi mudah, salah satunya untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot. Sebenarnya ada lebih dari satu cara untuk melakukannya. Faktanya, Anda memiliki tujuh pilihan metode berbeda, yang semuanya menghasilkan hasil tangkapan layar yang sama. Untuk itu, marilah kita lihat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar pada ponsel Samsung Galaxy Note 10.

Inilah 7 Cara Mengambil Screenshot Pada Ponsel Samsung Galaxy Note 10

Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume

Ini adalah cara paling umum untuk mengambil tangkapan layar pada ponsel Android dan kurang lebih, cara ini berfungsi pada semua ponsel cerdas Android. Anda cukup menekan dan menahan tombol volume bawah + Power secara bersamaan. Maka tangkapan layar akan muncl pada layar ponsel dalam satu atau dua detik.

1. Pilin konten yang ingin Anda lakukan tangkapan layar atau screenshoot.
2. Tekan dan tahan tombol volume bawah + daya atau power secara bersamaan.

Palm Swipe (Sapuan Telapak Tangan)

Mengambil tangkapan layar pada Galaxy Note 10 bisa dengan mengaktifkan Palm Swipe atau sapuan telapak tangan. Kelihatnnya mungkin terasa agak aneh saat Anda pertama kali mencobanya, namun Anda akan segera melihat hasil dari sapuan tangan Anda pada atas layar ponsel. Cukup gesek sisi telapak tangan Anda pada seluruh layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya untuk mengambil tangkapan layar tanpa perlu menyentuh layar ponsel.

Untuk menggunakan metode ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui Pengaturan => Fitur lanjutan => Sentuhan dan gerakan = > Sapuan telapak tangan untuk menangkap layar (Palm Swipe to Capture) .

1. Navigasikan ke konten yang ingin Anda lakukan screenshot.
2. Geser pada bagian samping telapak tangan Anda pada layar ponsel Anda.

Smart Capture (Tangkapan Cerdas)

Cara ketiga untuk mengambil tangkapan layar Galaxy Note 10 ini memungkinkan Anda menangkap seluruh halaman situs web, bukan hanya apa yang Anda lihat pada layar saja. Anda mulai dengan mengambil tangkapan layar biasa dengan menekan dan menahan tombol volume bawah dan daya secara bersamaan (metode satu), atau dengan sapuan telapak tangan (metode dua).

Setelah selesai, beberapa opsi akan muncul pada bagian bawah layar. Pilih “Scroll capture” dan terus ketuk pada bagian atasnya untuk terus turun ke bawah halaman. Galaxy Note 10 Anda akan mengambil beberapa tangkapan layar dari halaman dan kemudian menyatukan semuanya untuk menghasilkan tangkapan akhir.

Pastikan Anda mengaktifkan metode tangkapan layar Galaxy S10 ini dengan membuka Pengaturan => Fitur Lanjutan => Tangkapan layar dan perekam layar => bilah alat Tangkapan Layar (Screenshot toolbar).

1. Navigasikan pada layar yang ingin Anda tangkap.
2. Ambil tangkapan layar dengan volume bawah dan tombol daya atau sapuan telapak tangan( seperti metode 1 dan 2).
3. Ketuk opsi “Scroll capture” yang muncul pada bagian bawah.
4. Terus tekan tombol “Scroll capture” untuk melanjutkan ke bawah halaman sampai akhir.

Bixby

Bixby merupakan asisten digital Samsung yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan perintah suara sederhana. Cukup tekan dan tahan tombol Bixby khusus pada ponsel dan ucapkan, “Ambil tangkapan layar”.

Anda juga dapat menggunakan Bixby untuk mengambil tangkapan layar hanya dengan mengucapkan, “Hai Bixby,” tetapi Anda harus menyiapkan fitur tersebut dengan membuka beranda Bixby => Pengaturan => Suara bangun (Voice wake-up).

1. Masuk pada konten yang ingin Anda lakukan tangkapan layar.
2. Tekan dan tahan tombol Bixby atau ucapkan, “Hai Bixby.”
3. Ucapkan, “Ambil tangkapan layar,” saat asisten digital diaktifkan.

Google Asisten

Selain Bixby, ponsel Galaxy Note 10 juga memiliki Asisten Google. Dengan ini Anda juga memungkinkan untuk mengambil tangkapan layar dengan perintah suara. Cukup ucapkan, “Ok Google“, untuk memunculkan Asisten. Lalu cukup ucapkan, “Take a Screenshot“, atau ketik perintah dengan keyboard.

1. Navigasikan ke konten yang ingin Anda lakukan screenshot.
2. Ucapkan, “Ok Google”.
3. Ucapkan, “Take a Screenshot”, atau ketik perintah dengan keyboard.

Smart Select

Fitur Samsung Smart Select sangat bagus ketika Anda hanya ingin menangkap bagian tertentu dari konten yang ditampilkan pada layar ponsel. Anda dapat mengambil tangkapan layar dalam dua bentuk berbeda (persegi atau oval) dan bahkan membuat GIF. Untuk memulai, buka panel Edge dari samping, cari dan ketuk opsi “Smart Select”, dan pilih bentuk yang ingin Anda gunakan. Kemudian cukup pilih area yang ingin Anda tangkap dan ketuk “Selesai”.

Pastikan metode ini Anda aktifkan terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah sudah aktif, masuk pada Pengaturan => Tampilan => Layar tepi => Panel tepi (Edge panels).

1. Arahkan pada konten yang Anda pilih.
2. Buka panel Edge dan pilih opsi “Smart Select”.
3. Pilih bentuk yang ingin Anda gunakan untuk tangkapan layar.
4. Pilih area yang ingin Anda tangkap dan ketuk “Selesai”.

Menggunakan S-Pen

Selain enam metode yang telah kita bahas, ponsel Galaxy Note 10 menambahkan metode ketujuh yang unik untuk seri Note. Anda dapat mengakses stylus S-Pen ponsel untuk mengambil screenshot.

1. Arahkan pada konten yang ingin Anda tangkap layarnya.
2. Lepaskan S-Pen dari body ponsel Note 10. Untuk mengambil S-Pen biasanya harus meluncurkan logo Air Command pada sisi layar Note 10
3. Ketuk logo Perintah Udara dengan S-Pen, lalu ketuk pada pilihan Tulisan Layar.
4. Maka, layar Note 10 akan berkedip, dan Anda dapat melihat tangkapan layar yang baru saja Anda ambil.

Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat terus menggunakan S-Pen untuk menulis atau mengedit gambar sebelum Anda menyimpannya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.