Inilah Cara Backup WhatsApp yang Benar, Agar Anda Tidak Kehilangan Data!

  • Bagikan
Cara Backup WhatsApp
Cara Backup WhatsApp

Cara melakukan backup pada WhatsApp tentunya sudah banyak yang tahu. Namun tidak sedikit yang masih belum memahami secara benar sehingga mengakibatkan beberapa data bisa hilang ketika Anda merestorenya kembali.

Cara Backup WhatsApp
Cara Backup WhatsApp

image source

Bagi kebanyakan orang, merusak atau kehilangan ponsel akan mengakibatkan kehilangan data. Tentunya, media dan file pada Google Foto atau Google Drive akan selalu tercadangkan, tetapi banyak aplikasi lain yang tidak menyimpan data Anda secara otomatis. Salah satu aplikasi tersebut adalah WhatsApp yang merupakan aplikasi perpesanan populer sekarang ini.

Jika Anda tidak mengetahui cara mencadangkan WhatsApp yang benar, satu kesalahan besarnya adalah, Anda akan kehilangan beberapa data penting baik media ataupun chat Anda. Berikut cara mencadangkan WhatsApp yang benar agar Anda tidak kehilangan data.

Cara Backup Data WhatsApp

Jika Anda khawatir tentang kehilangan data WhatsApp Anda, kabar baiknya adalah file tersebut bisa Anda cadangkan pada ponsel Anda. Aplikasi ini secara otomatis membuat cadangan lokal setiap malam, asalkan Anda terhubung ke Wi-Fi dan memiliki penyimpanan dan masa pakai baterai yang cukup. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri jika cadangan cloud yang dapat melindungi data Anda jika ponsel Anda hilang atau rusak.

Untuk membantu ini, Anda juga akan menemukan fungsi bawaan untuk mencadangkan semua pesan dan media Anda ke awan melalui Google Drive. Pencadangan ini dapat Anda jadwalkan agar bisa berjalan secara otomatis setiap hari, minggu, atau bahkan bulan. Namun jika Anda ingin opsi tambahan untuk mencadangkan secara manual kapan pun Anda mau, Anda bisa melakukannya sesuka hati. Adapun caranya adalah:

Langkah-Langkah Melakukan Backup Data WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk pada tiga titik bagian pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan.
2. Selanjutnya ketuk Chat, lalu Cadangan Chat pada bagian bawah.
3. Konfigurasikan pengaturan cadangan WhatsApp Anda, misalnya dengan memilih akun Google Drive penyimpanan Anda.

Pada bagian atas layar, Anda akan melihat kapan cadangan WhatsApp terakhir Anda dibuat, Anda juga mengamtifkan opsi untuk langsung mencadangkan secara otomatis. Pastikan untuk melakukan ini pada Wi-Fi jika memungkinkan, karena media pencadangan dapat menghabiskan banyak data seluler, jika Anda menggunakan pencadangan menggunakan layanan data.

Pada bagian bawahnya, Anda dapat memilih Akun Google yang ingin Anda backup, frekuensi backup, dan lainnya. Sebagai saran, Anda sebaiknya tidak mencadangkan video, karena ini akan dengan cepat menghabiskan kapasitas penyimpanan Google Drive Anda!

Perlu Anda catat bahwa Anda hanya dapat mencadangkan file WhatsApp melalui Google Drive untuk saat ini. Jika ponsel Anda tidak memiliki Layanan Google Play, misalnya seperti ponsel Huawei yang lebih baru, Anda mungkin tidak dapat membuat cadangan WhatsApp menggunakan cara di atas.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa cadangan WhatsApp tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end seperti halnya pesan, dan secara otomatis akan terhapus dari akun Google Drive Anda setelah satu tahun tidak aktif.

Cara Restore/Memulihkan Cadangan WhatsApp

Saat Anda ingin memasang WhatsApp pada ponsel baru, lakukan proses untuk memulihkan semua pesan dan media agar semua data Anda kembali. Namun, sebelum Anda memulai, pastikan Anda telah masuk pada Akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan saat melakukan pencadangan sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya!

1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel baru Anda. Kemudian verifikasi nomor telepon terlebih dahulu.
2. Setelah berhasil, Anda anda mendapatkan pop-up untuk memulihkan data yang tersimpan pada Google Drive Anda. Ketuk Pulihkan saat diminta selama penyiapan.
4. Ketuk Berikutnya dan tunggu hingga pencadangan WhatsApp selesai.

Aplikasi akan memulihkan semua pesan Anda terlebih dahulu, kemudian beralih ke media, jadi mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Jika Anda memasang ulang aplikasi pada ponsel yang memiliki cadangan lokal, WhatsApp dapat menggunakan salinan tersebut.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.