Inilah Fitur Terbaru Aplikasi Zoom Versi 5.0, Ayo Segera Update Aplikasi Zoom Kamu!

Aplikasi Zoom kembali menghadirkan pembaruan versi 5.0 yang secara khusus meningkatkan privasi keamanannya, karena selama ini Zoom dikabarkan rentan masalah keamanan data pengguna hingga dikabarkan membocorkan akun gmail yang sebelumnya dibuat sebagai pendaftaran aplikasi Zoom.

Zoom Hadrikan Pembaruan Untuk Peningkatan Keamanan
Zoom Hadrikan Pembaruan Untuk Peningkatan Keamanan

Menurut Chief Product Officer Zoom, Oded Gal, enkripsi AES 256-bit GCM diklaim dapat meningkatkan keamanan data pengguna mereka. “Di back-end, enkripsi AES 256-bit GCM akan meningkatkan standar untuk mengamankan data pengguna kami dalam prosesnya,” tulis Gal seperti dikutip keterangan rilis.

Selain itu, beberapa fitur terbaru yang Zoom rilis dalam pembaruan versi 5.0 ini adalah sebagai berikut.

Terdapat icon keamanan

Perusahaan memutuskan untuk memindahkan ikon Keamanan (Security) berdampingan dengan kolom host menu Meeting.

Kontrol Routing Data

Seseorang yang ditunjuk sebagai admin dapat memilih pusat data mana yang digunakan saat rapat dan webinar berlangsung. Fitur ini dapat memungkinkan admin untuk mengetahui lalu lintas real-time aktivitas akun, grup atau pengguna.

Enkripsi GCM 256-bit AES

Aplikasi Zoom versi 5.0 telah didukung oleh enkripsi GCM 256-bit AES. Pengaktifan akun di seluruh sistem enkripsi GCM akan dilakukan pada 30 Mei 2020 mendatang. Sementara itu, hanya klien Zoom 5.0 atau yang lebih baru yang dapat masuk dan bergabung dalam rapat menggunakan aplikasi Zoom mulai 30 Mei tersebut.

Fitur Laporkan Pengguna

Penginisiasi rapat dapat melaporkan pengguna dalam rapat yang dilakukan apabila diketahui pengguna tersebut telah menyalahgunakan platform Zoom. Fitur ini dapat ditemui dalam ikon Keamanan.

Fitur Waiting Room

Fitur Waiting Room memungkinkan host mengaktifkan ruang tunggu virtual sebelum para peserta bergabung di dalam rapat. Zoom telah mengubah fitur ini menjadi default (fitur bawaan) baik untuk pengguna kategori Basic maupun Professional.

Peningkatan Untuk Mengakhiri dan Meninggalkan Rapat

Pada Zoom versi 5.0 telah menyempurnakan tindakan mengakhiri atau meninggalkan rapat Zoom dengan membuatnya lebih mudah dan juga lebih aman dilakukan. Dengan pembaruan UI baru, host dapat dengan jelas memutuskan antara mengakhiri atau meninggalkan rapat.

Peningkatan dashboard

Admin yang khusus mengelola akun bisnis dan pendidikan pada pembaruan Zoom 5.0 bisa melihat bagaimana alur rapat online yang bakal terhubung ke pusat data Zoom di Dashboard Zoom milik mereka.

Itulah beberapa fitur terbaru yang di miliki Zoom versi 5.0. Ayo segera update aplikasi Zoom kamu, jika kamu ingin menggunakannya agar lebih terjamin sistem keamanannya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.