Inilah Fungsi NFC yang Harus Kamu Ketahui!

Salah satu fitur android yang tidak banyak orang tahu adalah NFC. Pada kesempatan kali ini kami sengaja akan membahasa pengertian fitur NFC dan Apa saja fungsi yang bisa anda lakukan ketika menggunakan teknologi NFC yang biasa ada pada smartphone Android kamu.

NFC
NFC – via: sihape.com

Pengertian fitur NFC

Near Field Communication (NFC) merupakan fitur untuk melakukan komunikasi antara dua smartphone ataupun perangkat dengan cara mendekatkan keduanya dalam jarak yang tidak jauh atau dengan ukuran Beberapa centimeter saja atau dapat melakukan pekerjaan dengan NFC tag.

NFC tag adalah penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC. NFC tag yang telah diprogram memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai fungsi pada ponsel mereka secara otomatis, hanya dengan satu kali tap.

Dengan menggunakan NFC tag, pengguna dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti menyesuaikan alarm pada smartphone, masuk ke dalam model aplikasi tertentu, mengaktifkan bluetooth atau WiFi, menyesuaikan volume ringtone, serta pengaturan kecerahan layar, tanpa perlu menyalakan ponsel atau menyentuh tampilan menu.

Selain digunakan sebagai alat untuk berbagi dokumen atau file, inilah beberapa fungsi dari NFC, diantaranya:

Melakukan Pembayaran

Fungsi NFC yang paling bermanfaat adalah sebagai media pembayaran. Pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan men-tap smartphone mereka ke perangkat transaksi, tanpa menggunakan uang tunai atau pun kartu kredit.

Memberitahu Posisi Suatu Tempat

Saat ini NFC marak digunakan untuk aplikasi check in di suatu tempat menggunakan sistem LBS (Location Based Service). Pengguna bisa melakukan check in dengan cara melakukan tap pada NFC tag yang ada di tempat-tempat tertentu.

Mempermudah Tugas Tertentu

NFC juga dapat diprogram untuk melakukan banyak pekerjaan agar lebih mudah dan efisien. Misalnya saja, jika ingin mengirimkan pesan tertentu pada banyak orang, pengguna tidak lagi perlu mengetik secara manual keseluruhan pesan tersebut. Pengguna dapat memprogram sebuah tag yang mengatur agar pesan terkirim hanya dengan melakukan tap ponsel pada tag tersebut.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.