Inilah Perbedaan dari Konektor USB Type C dan Thunderbolt Yang Wajib Kamu Tahu!

Selain bentuk konektornya yang mirip antara USB Type C dan USB Thunderbolt, ternyata kedua type USB tersebut mempunya perbedaan yang cukup signifikan yang belum banyak orang mengetahuinya.

Konektor USB C mulai populer saat ini setelah banyak tersemat di beberapa smartphone dari kelas menengah hingga flagship. Keduanya sama-sama bersifat reversible (bisa ditancapkan dengan dibolak-balik). Dengan demikian, pengguna tidak perlu pusing menyesuaikan posisi kabel dengan konektor.

Perbedaan USB Type C dan USB Thunderbolt
Perbedaan USB Type C dan USB Thunderbolt

Namun, jika berbicara soal kemampuan, USB Type C dan Thunderbolt 3 mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Secara umum, kemampuan Thunderbolt 3 lebih tinggi dibanding USB Type C. Keunggulan pertama ada di kecepetan transfer data. Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps.

Sedangkan untuk USB Type C hanya memiliki kecepatan 10 Gbps. Apalagi dibanding dengan USB C 3.1 generasi pertama yang hanya memiliki kecepatan transfer data 1,5 Gbps.

Biasanya, produsen perangkat akan mematrikan keterangan USB Type C yang digunakan, misalnya saja USB C 3.1. Sementara untuk port Thunderbolt, biasanya menggunakan label bergambar petir dengan anak panah serong ke kiri, yang biasanya hal tersebut menandakan sebuah kecepatan transfer data yang super cepat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.