Inilah Perbedaan dari Konektor USB Type C dan Thunderbolt Yang Wajib Kamu Tahu!

Selain bentuk konektornya yang mirip antara USB Type C dan USB Thunderbolt, ternyata kedua type USB tersebut mempunya perbedaan yang cukup signifikan yang belum banyak orang mengetahuinya.

Konektor USB C mulai populer saat ini setelah banyak tersemat di beberapa smartphone dari kelas menengah hingga flagship. Keduanya sama-sama bersifat reversible (bisa ditancapkan dengan dibolak-balik). Dengan demikian, pengguna tidak perlu pusing menyesuaikan posisi kabel dengan konektor.

Perbedaan USB Type C dan USB Thunderbolt
Perbedaan USB Type C dan USB Thunderbolt

Namun, jika berbicara soal kemampuan, USB Type C dan Thunderbolt 3 mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Secara umum, kemampuan Thunderbolt 3 lebih tinggi dibanding USB Type C. Keunggulan pertama ada di kecepetan transfer data. Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps.

Sedangkan untuk USB Type C hanya memiliki kecepatan 10 Gbps. Apalagi dibanding dengan USB C 3.1 generasi pertama yang hanya memiliki kecepatan transfer data 1,5 Gbps.

Biasanya, produsen perangkat akan mematrikan keterangan USB Type C yang digunakan, misalnya saja USB C 3.1. Sementara untuk port Thunderbolt, biasanya menggunakan label bergambar petir dengan anak panah serong ke kiri, yang biasanya hal tersebut menandakan sebuah kecepatan transfer data yang super cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *