Inilah Perbedaan Prosesor Snapdragon dan Mediatek Yang Wajib Kamu Tahu!

Smartphone menjadi perangkat penting dalam kehidupan sehari-hari seluruh orang di dunia. Perangkat satu ini menjadi komuditas yang sangat penting bagi konsumen maupun produsen. Tidak ada lagi batasan antar teknologi menjadi alasan mengapa smartphone kian hari semakin tidak terbendung, salah satunya teknologi yang dipakai.

Perbedaan Prosesor Snapdragon dan Mediatek
Perbedaan Prosesor Snapdragon dan Mediatek

Berbicara smartphone tentu saja ada dua hal penting yang bisa mempertimbangkan konsumen yaitu harga dan teknologi hardware/software yang digunakan. Contoh nya seperti kapasitas RAM, merk Prosesor, besar kamera hingga Operasi System yang digunakan. Tapi salah satu elemen terpenting pada smartphone adalah Prosesor, otak dibalik kinerja baik atau buruk dalam smartphone.

Oleh karenanya, penting kamu mengetahui beberapa perbedaan terkait dengan prosesor yang sedang digunakan dalam sebuah smartphone.

Inilah Perbedaan Prosesor Snapdragon dan Mediatek Yang Wajib Kamu Tahu!
Performa

Dalam prosesor terdapat 2 chip penting yakni CPU dan GPU. Chip CPU terdirii atas beberapa core dengan kecepatan yang berbeda dan berfungsi untuk mengatur segala komponen yang ada di dalam prosesor. GPU digunakan dalam mengolah grafis. Cara kerja dari GPU sama seperti VGA yang terdapat pada komputer atau laptop.

Performa GPU pada Snapdragon lebih tinggi daripada Mediatek. Sehingga RAM yang terpakai pada prosesor Mediatek otomatis lebih sedikit juga. GPU pada Snapdragon memang lebih baik dan memberikan hasil visual yang lebih mulus daripada Mediatek namun juga bisa memakan RAM yang cukup besar pula.

Variasi Produk

Dilihat dari variasi produk yang dihasilkan, lebih banyak variasi dari Snapdragon daripada Mediatek. Mediatek mengurangi jumlah produksi prosesor kelas atas pada tahun 2017, alasannya karena ingin lebih fokus untuk membuat prosesor kelas menengah. Pada tahun 2018 terlihat bahwa Mediatek hanya berfokus untuk membuat satu seri prosesor yakni Prosesor Helio P.

Sebaliknya, Snapdragon justru membuat lebih banyak varian untuk prosesor baru. Variasi produk yang dirilis oleh Snapdragon seperti untuk kelas pemula yaitu seri 400, kelas menengah yaitu seri 600, versi terbaru kelas menengah-atas yaitu seri 700, dan kelas atas/premium yaitu seri 800.

Harga

Harga dari Snapdragon lebih mahal daripada Mediatek. Bahkan apabila Mediatek dan Snapdragon mempunyai spesifikasi yang sama harga jual Snapdragon bisa 2 kali lebih mahal.

Jika anda ingin membeli smartphone dengan harga yang murah, namun tetap kencang, maka kamu bisa memilih prosesor Mediatek. Sebaliknya jika ingin memebeli smartphone dengan tipe kelas flagship tertentu, pilih dengan prosesor Snapdragon.

Itulah 3 perbedaan penting yang wajib kamu ketahui sebelum membeli smartphone. Karena prosesor merupakan otak yang akan menentukan kinerja dari smartphone yang akan kita gunakan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.